DaerahPandeglangPendidikan

Selama Belajar dari Rumah, Guru di Pandeglang buat Video Pembelajaran

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran Bupati Pandeglang Nomor 423/08-Dikbud/2021 tentang pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah (BDR) semester genap tahun ajaran 2020-2021. Diterbitkannya surat edaran ini untuk mencegah klaster Covid-19 di satuan pendidikan jenjang PAUD, SD dan SMP. 

Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang Sutoto saat melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan skema BDR dan pembuatan video belajar oleh guru di Aula Kormin Kecamatan Karangtanjung, Selasa (5/1/2021). Menurutnya, monitoring dilakukan untuk memastikan semua guru di setiap sekolah mengetahui skema video pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa-siswi selama BDR. “KKG (kelompok kegiatan guru) itu membahas desain pembelajaran skema BDR dan pembuatan video pembelajaran,” kata Sutoto. 

Pihaknya menilai video pembelajaran jadi alternatif sistem belajar daring untuk siswa-siswi di masa pandemi Covid-19. “BDR melalui video untuk mencegah terbentuknya klaster Covid-19 di satuan pendidikan,” ujarnya. 

Dijelaskannya, untuk proses belajar mengajar tatap muka pada tatanan new normal di sekolah akan diterapkan pada Juli 2021 mendatang. “Untuk pembelajaran tatap muka di Pandeglang akan dilaksanakan dengan adaptasi kebiasaan baru pada awal tahun ajaran baru Juli mendatang,” jelasnya. Dikatakannya, selama proses BDR berlangsung, setiap sekolah memfungsikan sekolah sebagai klinik konsultasi orang tua dan bimbingan konseling bagi anak yang mengalami kesulitan belajar. “Jadi kepala sekolah dan guru-guru tetap wajib masuk kerja untuk melayani pembelajaran jarak jauh, menampung hasil kerja siswa, menilai dan menindaklanjuti dengan home visit,” pesannya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat mengatakan, video pembelajaran yang dibuat para guru dapat mempermudah proses belajar mengajar untuk siswa-siswi selama BDR. “Dengan adanya video, siswa dan siswi bisa lebih faham dan mengerti pembelajaran apa yang disampaikan oleh guru saat belajar di rumah,” katanya. (yanadi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: