DaerahPandeglang

Tarif Bus AKAP Labuan-Kalideres Minta Naik

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Ongkos atau tarif bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Labuan-Kalideres, Jakarta diwacanakan naik. Kebijakan tersebut dikeluarkan guna penyesuaian tarif di masa pandemi Covid-19. 

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Labuan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten Lina Darlina mengatakan, penyesuaian kenaikan tarif bus sudah dilakukan pembahasan dan diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Namun belum ada tindak lanjut akibat masih mewabahnya virus korona. 

“Kenaikan tarif sudah kita usulkan ke Kemenhub, tapi keburu terhalang Covid-19 belum dilanjutkan,” kata Lina, Senin (4/1/2021). 

Kenaikan itu, kata dia, dalam rangka penyesuaian tarif di masa pandemi Covid-19 guna menutupi operasional pelayanan bus AKAP. 

“Memang tarif bus yang sekarang kalau dihitung dengan jarak kilometer sudah tidak memadai,” ujar Lina. 

Menurutnya, untuk ketetapan berapa persen kenaikan tarif masih perlu dilakukan pembahasan. Dia memastikan saat ini tarif bus masih dalam kondisi normal. “Belum. Kalau tarif sekarang masih normal Rp30 ribu,” terangnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Pandeglang Tatang Mukhtasar mengatakan, belum menerima informasi usulan kenaikan tarif bus. Pihaknya menyerahkan kewenangan kenaikan tarif bus kepada pemerintah pusat. 

“Ke kita tidak ada tembusannya. Kalau AKAP itu kewenangan kementerian, jadi apapun yang terjadi pada AKAP termasuk usulan kenaikan tarif itu kewenangan Kementerian Perhubungan,” ungkapnya. (yanadi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d bloggers like this: