KesehatanPandeglang
Trending

Tenaga Kesehatan di Pandeglang Positif Covid Setelah Disuntik Vaksin Sinovac

Saat ini nakes tersebut menjalani isolasi mandiri dan PKM Cigeulis melakukan tracing kepada sejumlah orang yang melakukan kontak erat

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Puskesmas Cigeulis, Pandeglang, dinyatakan positif Covid-19 beberapa hari setelah disuntik vaksin tahap pertama. Saat ini nakes tersebut menjalani isolasi mandiri dan PKM Cigeulis melakukan tracing kepada sejumlah orang yang melakukan kontak erat.

Informasi adanya nakes yang positif Covid-19 usai mendapat vaksinasi Covid-19 dibenarkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Pandeglang Ahmad Sulaeman. “Sangat disayangkan nakes itu rupanya mengabaikan prokes (protokol kesehatan) pasca divaksin. Hasil penelusuran kami, nakes itu sempat ke luar Pandeglang seperti Lebak dan Serang beberapa hari setelah mendapatkan vaksinasi. Itu kan melanggar prokes,” kata Sulaeman, Rabu (10/2).

Kasus nakes yang terpapar korona pasca vaksinasi kata Sulaeman menjadi catatan satgas. “Kejadian itu buat pelajaran bagi kita ternyata prokes adalah hal utama dan berlaku bagi siapapun. Bukan jaminan setelah divaksin kita bebas korona. Ini (vaksinasi) hanya pelengkap, prokes tetap harus dilakukan. Apapun yang dilakukan (mengabaikan prokes) akan berisiko terpapar,” jelasnya.

Saat ditanya efektivitas vaksin, Sulaeman menyatakan, vaksin sangat efektif terutama jika sudah terbentuk kekebalan. “Kalau sudah sempurna divaksin, mungkin kita lebih kuat. Kasus nakes itu mungkin (vaksinasinya) belum lengkap dan imunnya belum kuat karena nakes itu baru sekali divaksin. Harusnya setelah dapat vaksin dua minggu ke depan divaksinasi lagi agar kekebalan sempurna,” katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19 di wilayah Puskesmas Cigeulis, Sulaeman mengaku telah melakukan tracing terhadap keluarga nakes dan orang yang pernah kontak erat dengan nakes tersebut. Satgas tak ingin penyebaran Covid-19 nantinya makin meluas. “Tracing-nya sudah kami lakukan, termasuk ke puskesmas dan lingkungan di perumahannya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan, adanya nakes yang terpapar Covid-19 setelah divaksin tahap pertama adalah hal wajar. “Yang sudah divaksin tetap bisa terpapar karena ada beberapa kejadian serupa. Itu biasa, apalagi kalau vaksinasinya baru sekali. Tahapan vaksinasi kan dua kali untuk menciptakan kekebalan tubuh,” kata Kadinkes.

Kadinkes mengimbau agar masyarakat tidak ragu dengan vaksinasi. “Vaksin Sinovac aman digunakan dan sudah diuji. Kami harap semua kalangan menerima vaksin agar tidak jatuh pada situasi yang terburuk. Ingat ruangan ICU dan RSUD semakin terbatas karena Covid-19. Jadi ikuti semua anjuran pemerintah dan yang utama adalah menegakkan prokes.” (muhaemin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp