DaerahPemprov BantenTeknologi

Pelari dan Pesepeda PLN VCRR Terangi 698 Rumah di Banten yang Belum Teraliri Listrik

SERANG, BANTEN RAYA – Pelari dan pesepeda menggalang donasi dalam ajang PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020. Hasil donasi berhasil menerangi 698 rumah warga tidak mampu atau pra sejahtera di Provinsi Banten yang belum teraliri listrik. 

“Untuk seluruh Banten sendiri tersalurkan 698 sambungan listrik untuk masyarakat pra sejahtera, dengan total bantuan Rp497,3 juta,” kata Manager Komunikasi PLN UID Banten Melva Yusmawati, Kamis (7/1/2021). 

Ia menjelaskan, PLN VCRR 2020 adalah ajang donasi melalui olahraga (berlari dan bersepeda) yang telah diselenggarakan pada 16 Oktober hingga 1 November 2020 lalu yang diselenggarakan secara virtual. Ajang yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75 tersebut dapat diikuti di mana saja di seluruh nusantara. 

Setiap kilometer dalam berlari dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40.000 dan sepeda sebesar Rp35.000. Nominal tersebut digunakan untuk biaya penyambungan listrik rumah masyarakat pra sejahtera yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA. Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. 

Melva mengungkapkan, secara keseluruhan PLN telah menyambungkan listrik gratis senilai Rp6,1 miliar untuk 8.417 keluarga pra sejahtera di sejumlah provinsi seperti Banten, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, NTT, Papua, dan Papua Barat. Juga di Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: