Pemprov Banten
Trending

DP3AKKB Banten Gelar Bimtek Ketahanan Keluarga

SERANG, BANTEN RAYA-Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Hal tersebut disampaikan Sitti Ma’ani Nina, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten.

Menurutnya, kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsi keluarga secara optimal. Dimensi pembangunan keluarga akan berhubungan dengan upaya pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) yang terdapat didalam program keluarga berencana di daerahnya masing-masing harus lebih ditingkatkan lagi sosialisasinya,” kata Nina kepada Banten Raya usai menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Ketahanan Keluarga melalui PPKS, Jumat (9/4).

Tujuan dari program tersebut, lanjut Nina, adalah untuk menekan laju angka pertumbuhan di Indonesia yang berdampak pada angka kemiskinan. Tingginya laju pertumbuhan penduduk harus diikuti dengan kualitas sumber daya manusia yang baik, jika tidak maka angka kemiskinan akan semakin meningkat, terjadi ketimpangan sosial dan kriminalitas.

“Selain itu juga pengelola PPKS harus selalu melakukan bimbingan dan pendampingan kepada masyarakat, termasuk remaja dan balita,” ungkapnya.

Kata Nina, kegiatan ini dilaksanakan agar program pengelolaan ketahanan keluarga melalui PPKS dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas pengelola PPKS yang merupakan wadah kegiatan pelayanan keluarga melalui pemberian konseling dan bimbingan untuk menuju keluarga berkualitas.

“Hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten bahwa, keberadaan PPKS sangat penting, karena bisa menjadi wadah konsultasi bagi masyarakat yang memiliki berbagai persoalan yang terkait dengan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Nina mengaku, kegiatan ini bertujuan untuk membina pengelola PPKS agar dapat memberikan informasi dan pelayanan bagi keluarga, remaja dan kelompok kegiatan lainnya di lingkungan masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengelola PPKS agar menjadi salah satu solusi untuk mendekatkan program banggakencana ke masyarakat, dan membina pengelola PPKS agar dapat meningkatkan advokasi dan program bangga kencana,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp