DaerahPemprov BantenPendidikan
Trending

Perkuat Kualitas Pendidikan, Dindikbud Banten Upgrade Mutu Kepala SKh

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten mendorong peningkatan mutu kepala sekolah negeri dan swasta pada jenjang pendidikan sekolah khusus (SKh).

Kepada Banten Raya, Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten Supandi menyampaikan, mutu kepala SKh harus sesuai dengan standar kompetensi sesuai aturan yang berlaku.

Salah satu standar kompetensi kepala sekolah adalah memiliki nomor unit pendidik dan tenaga kependidikan. Nomor unit tersebut tidak hanya untuk menilai standar kompetensi, namun juga untuk melindungi kepala Skh swasta untuk bekerja secara profesional.

“Saat ini banyak guru dan kepala sekolah yang sudah mengajar di SKh swasta selama tiga sampai empat tahun yang belum memiliki nomor unit pendidik dan tenaga kependidikan. Nomor unit tersebut tidak hanya untuk memberikan perlindungan kepada kepala SKh swasta, agar tidak mudah dipindahkan atau dipecat oleh yayasan, namun juga untuk meningkatkan standar kompetensi kepala sekolah,” kata Supandi, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan nomor unit tersebut sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, kepala sekolah yang diangkat 9 April 2018 ke bawah harus mengikuti penguatan kepala sekolah selama 71 jam.

Begitu juga sebaliknya, jika ada kepala SKh yang baru diangkat setelah 9 April ke atas maka harus mengikuti pelatihan calon kepala sekolah kurang lebih selama 300 jam, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Setelahnya mengikuti penguatan kepala sekolah dan pelatihan calon kepala sekolah, maka kepala sekolah tersebut akan mendapatkan dua sertifikasi yaitu selaku manajer sekolah dan nomor unit kepala sekolah.

“Jika sudah memiliki dua sertifikat tersebut, kepala sekolah akan lebih profesional dan memiliki kompetensi di bidangnya yaitu sebagai manajer sekolah,” ungkapnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Pendidikan Khusus Ahmad Farid menyambut baik program yang dicanangkan oleh Dindikbud Banten untuk meningkatkan mutu kepala SKh agar lebih profesional.

“Saya berharap agar program tersebut bisa segera direalisasikan, sehingga kepala SKh di Banten sesuai dengan kompetensinya dan dapat dilindungi dalam bekerja,” harapnya. (satibi)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp