DaerahPemprov Banten

Rata-rata Warga Banten Hanya Bersekolah Sampai SMP

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat rata-rata lama sekolah warga Banten pada 2020 mencapai 8,89 tahun atau hanya mencapai SMP kelas III.

Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana mengatakan, salah satu dimensi pembentuk indeks pembangunan manusia (IPM) adalah pengetahuan. Dimensi tersebut terdiri atas dua indikator, yang pertama adalah rata-rata lama sekolah dengan di Banten pada 2020 mencapai 8,89 tahun. Naik dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 8,74 tahun.

“Artinya, secara rata-rata penduduk yang berusia 25 tahun ke atas pada tahun 2020 telah mengenyam pendidikan hingga kelas IX atau SMP kelas III,” ujarnya, Rabu (16/12/2020).

Ia menuturkan, angka pertumbuhan rata-rata lama sekolah di Banten selalu tumbuh positif. Itu menjadi penanda bahwa kualitas pendidikan penduduk Banten terus mengalami peningkatan. “Malah, dalam periode setahun terakhir ini peningkatan kualitas pendidikannya lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Kondisi tersebut terjadi lantaran indikator berikutnya di dimensi pengetahuan yaitu harapan lama sekolah di Banten juga mengalami peningkatan. Selama periode 2010 hingga 2020, harapan lama sekolah telah meningkat sebanyak 1,87 tahun. Meningkatnya harapan lama sekolah itu menjadi sinyal bahwa memang ada perbaikan pada sistem pendidikan di Banten.

“Kondisi yang demikian sekaligus juga menjadi penanda dari semakin banyaknya penduduk yang dapat bersekolah. Sayangnya, selama setahun terakhir ini peningkatan jumlah penduduk yang bersekolah, relatif lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, adapun harapan lama sekolah pada 2020 telah mencapai 12,89 tahun. Artinya, bahwa anak-anak yang telah berusia 7 tahun pada 2019, memiliki peluang untuk bersekolah hingga semester II di perguruan tinggi. “Atau setidaknya menamatkan pendidikan hingga lulus SLTA,” tutur Adhi. (dewa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: