DaerahKesehatanPemprov Banten

Ruang Perawatan Covid-19 di Banten Penuh, Antrean Uji Sampel Swab Menumpuk

SERANG, BANTEN RAYA – Okupansi atau tingkat keterisian ruang perawatan Covid-19 di Banten nyaris penuh, prosentasenya sudah mencapai di atas 90 persen. Kondisi serupa juga terjadi di laboratorium rujukan yang mengalami antrean sampel tes untuk diuji. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, meski Banten sudah lepas dari zona merah namun zona risiko masih dekat untuk kembali ke zona sebelumnya. Selain kasus baru yang menyentuh 190 per harinya, okupansi ruang perawatan juga menjadi salah satu indikatornya.

“Tingkat hunian rumah sakit untuk intensive care unit (ICU) di Banten sudah mencapai 94 persen dari total tempat tidur sebanyak 145. Tingkat hunian ruang isolasi sudah mencapai 91 persen dari total tempat tidur sebanyak 2.191. Kemudian tingkat hunian rumah singgah isolasi sudah mencapai 90 persen dari total 703 tempat tidur yang tersedia,” ujarnya melalui aplikask whatsapp messenger, Senin (21/12/2020) malam.

Ia menuturkan, sedangkan untuk laboratorium rujukan Covid-19, dari total 30 yang tersedia terdiri atas layanan gratis sebanyak 11 dan layanan berbayar sebanyak 19. Di mana kondisi laboratorium tersebut terjadi penumpukan sample swab yang belum diperiksa. 

“Oleh karenanya imbauan kepada masyarakat untuk tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan 4M. Menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan. Agar waktu libur ke depan sebaiknya tidak bepergian. Hal ini untuk mencegah terjadinya klaster pasca liburan,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: