DaerahPemprov BantenPendidikan
Trending

Seleksi PPPK Guru Sama dengan Tes CPNS

SERANG, BANTEN RAYA – Proses seleksi masuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) khusus untuk guru di lingkup Pemprov Banten, akan sama dengan proses seleksi tes masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal tersebut disampaikan oleh Komarudin Kepala Badan kepagawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten.

Kepada Banten Raya, Komarudin menyampaikan bahwa PPPK khusus untuk guru tahun ini akan diselenggerakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Prosesnya pun akan dilaksanakan secara daring atau online, dari pendaftaran sampai melampirkan sejumlah persyaratan.

“Pengumuman pembukaan dan hasil akan dilakukan oleh BKN. Semuanya akan dilaksanakan secara online, sama seperti tes CPNS diantaranya adalah CAT atau computer assisted test,” katanya, kemarin.

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang itu menjelaskan, belum ada informasi lanjutan terkait waktu penerimaan dan jadwal seleksi. Sebab, semua tahapan akan dilaksanakan oleh BKN. Adapun BKD hanya sebagai fasilitator dalam seleksi PPPK khusus guru tersebut.

“Perekrutannya akan dilakukan terpusat dan BKN yang menyelenggarakan. Adapun persyaratannya diantaranya adalah guru yang sudah masuk ke dalam data pokok pendidik (dapodik). Sedangkan untuk persyaratan usia adalah satu tahun sebelum usai pensiun,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Komarudin menjelaskan, bahwa PPPK dengan ASN memiliki status yang sama yaitu pegawai pemerintah. Hal yang membedakan adalah PPPK merupakan pegawai kontrak yang maskimal dikontrak dalam waktu lima tahun dan bisa diperpanjang setelah kontrak selesai dan adanya evaluasi kinerja yang baik.

Dengan adanya kebijakan ini, lanjut Komarudin, pemerintah akan lebih mudah dalam mengatur manajemen kepegawaian. Artinya, pemerintah akan lebih mudah melakukan pendataan kompetensi pegawai, dan pegawai akan lebih produktif, efektif dan efisien.

“Selain itu pegawai PPPK akan lebih mudah jika ingin beralih profesi, karena prosesnya akan lebih mudah,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Banten mengajukan kuota PPPK sebanyak 1.300 kursi di 2021. Formasi tersebut khusus diperuntukkan bagi guru di sekolah-sekolah yang menjadi kewenangan pemprov.

Dikatakan Komarudin, pihaknya telah menindaklanjuti rencana Kemen PAN-RB yang akan kembali menggelar rekrutmen PPPK. Bahkan Pemprov Banten telah mengajukan kuota sebanyak 1.300 yang seluruhnya diperuntukkan bagi guru. “Sedang diajukan,” ujarnya.

Diungkapkannya, usulan kuota PPPK itu selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh pemerintah pusat. Ia tak memungkiri adanya potensi formasi yang akan diterima mengalami pengurangan. Hal itu sangat tergantung dari hasil penilaian dan juga kesanggupan pembiayaan tunjangan PPPK oleh pemprov. (satibi)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp