DaerahSerang
Trending

40 ASN Pemkab Serang Bercerai, Komisi I DPRD : Harus Diingatkan dan Adakan Pengajian

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 40 aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Serang selama 2020 memutuskan bercerai dengan pasangannya. Mayoritas dari mereka adalah perempuan. 

Kepala Bidang Pengembangan Karir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, tingkat perceraian dikalangan ASN masih relatif tinggi. 

“Tahun 2020 ASN yang mengajukan perceraian sebanyak 41 orang namun hanya satu yang menunda perceraiannya setelah kita nasihati,” kata Suraman, Kamis (11/2/2021). 

Ia menjelaskan, ASN yang datang ke BKPSDM untuk mengajukan perceraian sudah melalui proses yang panjang dan yang bersangkutan sudah mengalahkan ego, ketakutan, dan rasa malunya. 

“Sebelumnya datang ke BKPSDM, contoh kalau dia guru harus ketemu dulu sama kepala sekolah, sama kepala sekolah, sudah dinasehatin. Dia juga harus datang ke dinas pendidikan,” ujarnya. 

Sutarman mengungkapkan, jika ada ASN yang datang mengajukan perceraian, selain diberi nasihat dan pembinaan juga menanyakan alasan-alsannya. 

“Ketika kita tanya sudah minta nasihat kedua orangtua atau kiyai yang dihormati, jawabnya semunya sudah selesai. Jadi yang ada dipikirannya harus bercerai,” paparnya. 

Ia menjelaskan, bagi ASN yang akan bercerai sesuai aturan harus datang ke BKPSDM dan tidak bisa langsung ke pengadilan. Sebab, kalau langsung ke pengadilan akan ditanyakan surat keterangan dari BKPSDM. 

“Paling datang ke sini nangis, kalau kita nasihati jawabnya bagaimana kalau bapak yang diposisi saya, kan kita jadinya bingung. Penyebabnya kebanyakan faktor ekonomi, selingkuh. Banyaknya perempuan yang mengajukan (prosentasenya) di atas 60 persen,” ungkapnya. 

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Aep Saefulloh mendorong peningkatan pembinaan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dengan diadakannya kegiatan pengajian. 

“Mereka (ASN) agar selalu diingatkan ketika memang ada yang mulai keluar dari ketentuan. Baik itu terkait urusan pekerjaan, urusan rumah tangga atau urusan sosial lainnya,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp