Serang
Trending

Bangun Gedung Pemerintahan, Pemkab Serang Pertimbangkan Opsi Pinjam Puluhan Miliar ke PT SMI

SERANG, BANTEN RAYA  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mempertimbangkan opsi meminjam dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk membiayai pembangunan pusat pemerintahan kabupaten (Pupemkab) Serang di Kecamatan Ciruas yang membutuhkan dana puluhan miliar.

Hal tersebut dilontarkan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Serang Tb Entus Mahmud Sahiri pada saat memimpin rapat rencana pembentukan tim percepatan pembangunan Puspemkab Serang.

“Sekarang ini kan pemda ada kondisi keterbatasan anggaran. Kemudian, pemerintah pusat punya solusi melalui BUMN (badan usaha milik negara) yakni PT SMI yang menyiapkan dana pinjaman untuk membiayai pembangunan infrastruktur, kata Entus di ruang rapat KH. Syamun, Pemkab Serang, Kamis (18/2).

Untuk melakukan peminjaman tersebut, Pemkab Serang perlu memiliki payung hukum yakni peraturan daerah.

“Makanya kita akan menyiapkan dasarnya dulu, akan segera membentuk perda tentang pinjaman daerah, manakala dibutuhkan kita sudah ada dasarnya. Kita belum ada rencana untuk pinjam ini baru wacana saja,” ujarnya.

 

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Agus Wahyudion mengatakan, Pemkab Serang harus memiliki kajian yang matang.

“Harus ada perencanaan yang bagus dan harus ada kajian ketika mau pinjam uang untuk pembangunan Puspemkab Serang. Kemudian, konsep pengembaliannya seperti apa dan kemampuan membayarnya seperti apa,” ujar Agus.

Namun politikus PKS itu menyarankan agar Pemkab Serang tidak meminjam ke pihak manapun untuk membiayai pembangunan Puspemkab Serang, karena dikhawatirkan akan menjadi beban kepala daerah berikutnya.

“Kalau untuk pinjam pendapat saya kurang pas, kita berjalan normal saja kita maksimalkan gedung-gedung pelayanan yang ada. Karena kan kalau kita pinjam kan pendapatan daerah kitanya kan harus benar-benar bagus,” tuturnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp