DaerahSerang
Trending

BMKG Pasang Alat Pendeteksi Tsunami di Anyer

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang alat pendeteksi tsunami di wilayah Anyer. Alat tersebut berfungsi untuk mengantisipasi dengan mengirim sinyal peringatan dini potensi terjadinya tsunami di laut Selat Sunda. 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku belum lama ini menerima kunjungan dari BMKG untuk konsultasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. “BMKG bersilaturahmi dan kami mendengar paparan mereka,” kata Tatu, Selasa (11/5/2021). 

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten itu mengungkapkan, pihak BMKG menyampaikan akan memasang alat pendeteksi tsunami di Anyer. 

“Ini sebagai bentuk antisipasi karena kita ada di daerah patahan jadi kita harus siap karena Kabupaten Serang punya potensi tsunami,” ujarnya. 

Ia berharap dengan dipasangnya alat tersebut dan kesiapan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai bisa mengantisipasinya. 

“Terpenting lagi daerah-daerah yang ditetapkan untuk titik untuk evakuasi itu harus disiapkan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya. 

BACA JUGA: Tanggapan BMKG Soal Pawang Bisa Memindahkan Hujan: Tidak Terjangkau dengan Orang Awam

Tatu meminta BPBD Kabupaten Serang terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mereka bisa mengenali tanda-tanda tsunami. “Masyarakat harus tahu tanda-tandanya dan apa yang harus mereka lakukan. Jadi harus terus diedukasi,” paparnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana mengatakan, sesuai rencana alat pendeteksi tsunami di pasang pasa Selasa (11/5/2021). “Rencananya kemarin dipasangnya. Satu unit di Anyer,” tuturnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp