DaerahSerang
Trending

Bulan Puasa Tiba, Petani Siap Panen Timun Suri

SERANG, BANTEN RAYA – Para petani timun suri atau bonteng puan di Kampung Sukacai, Desa Sukacai, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, bersiap memanen timun suri yang mereka tanam dalam beberapa minggu ke belakang.

Mereka berharap panen menjelang bulan puasa akan menghasilkan timun suri secara maksimal tanpa gangguan hama. Kemudian yang terpenting adalah harga jual tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya. 

Kulaemi, salah seorang petani bonteng puan di Sukacai, mengatakan, dalam satu dua hari ini ia akan bisa memanen bonteng puan yang ia tanam itu untuk dijual kepada warga di kampung atau kepada pengepul. Biasanya harga per kilonya mencapai Rp3.000 sampai Rp3.500. 

“Satu dua hari ini sudah panen,” kata Kulaemi, Sabtu (10/4/2021). 

Ia menuturkan, bonteng puan banyak dicari masyarakat Serang secara khusus dan Banten secara umum untuk dijadikan bahan tambahan minuman buka puasa. Saat menjelang atau selama bulan puasa harga bonten puan biasanya sangat tinggi bahkan dijual per butir.

Dari satu petak sawah yang ditanami bonteng puan, Kulaemi mengaku bisa mendapatkan 100 kilogram timun suri setiap kali panen. Sementara buah timun suri miliknya akan terus berbuah sampai dengan Idul Fitri mendatang. 

Ia mengatakan, perawatan timun suri paling gampang dibandingkan dengan tanaman lain semisal cabai. Setelah membuat gugula atau gundukan untuk tempat menanam benih, ketika tanah sudah halus maka langsung diletakkan biji timun suri.

Bila sudah tumbuh 2 atau 3 daun baru dipupuk menggunakan urea putih. Terkadang pupuk urea yang diberikan dicampur antara putih, merah, dan hitam. Bila sudah muncul bunga, pemupukan lanjutan adalah dengan pupuk hijau atau biasa dikenal dengan pupuk mutiara untuk merangsang pertumbuhan buah. 

Setelah itu ada pemberian obat paket yang disemprot, yaitu obat eletrik yang merupakan obat hama sehingga bonten puang tidak rusak dimakan hama. 

Hama yang biasa mengganggu tanaman bonteng puan adalah ulat atau cecantrang yang biasa muncul bila hujan turun malam hari. Maka setiap hujan turun malam hari maka keesokan harinya harus langsung disemprot obat anti hama untuk mencegah pertumbuhan hama. (tohir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp