DaerahEkonomi & BisnisSerang
Trending

Cerita Gunung Lempuyang, Satu-satunya Bukit di Bojonegara yang Lolos dari Penambangan Galian C

SERANG, BANTEN RAYA – Gunung Lempuyang yang berada di antara Desa Pengarengan dan Desa Ukirsari, Kecamatan Bojonegara menjadi satu-satunya gunung yang selamat dari kegiatan penambangan yang marak terjadi di wilayah tersebut.

Pantauan Banten Raya di sekitar Gunung Lempuyang yang sudah dipasangi plang bertuliskan “Selamat Datang di Tempat Peziarahan Makam Ki Buyut Agung”, Sabtu (9/1/2021) terlihat di kaki gunung pernah ada upaya pengerukan atau aktivitas penambangan namun tidak sempat berlanjut.

“Mungkin kalau tidak ada tempat ziarahnya gunung ini sudah habis juga seperti gunung-gunung yang lain. Kalau dilihat di bawah gunungnya kan sudah pernah dikeruk,” kata Hanif, salah seorang warga setempat sambil menunjukan bekas galian di sekitar Gunung Lempuyang.

Ia mengaku tidak mengetahui pasti alasan tidak berlanjutnya kegiatan penambangan di sekitar gunung yang menjadi cagar budaya tersebut. “Kemungkinannya karena batunya kurang bagus atau masih ada kesadaran karena ada di puncaknya ada kuburan,” ujarnya.

Bagi warga sekitar, Gunung Lempuyang merupakan salah satu gunung yang bersejarah yang ada di Kecamatan Bojonegara. “Konon katanya Sultan Maulana Hasanudin Banten juga pernah singgah ke sini. Pada hari-hari suka ramai yang berziarah ke sini,” ungkapnya.

Hanif berharap semua pihak bisa menjaga dan merawat Gunung Lempuyang sebagai cagar budaya. “Ada yang menjaga dan merawat orang dari luar Bojonegara. Untuk fasilitas seperti toilet dan tempat duduk-duduk dibangun oleh salah satu perusahaan di sekitar sini,” tuturnya. (Tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: