DaerahSerangWisata & Kuliner
Trending

Dibuka Hari Ini, Yuk Intip Isi dari Kampung Wisata Ciomas

Bagian 1-2 (Bersambung)

SERANG, BANTEN RAYA- Buat yang sedang mencari tempat wisata baru, ada tempat wisata baru di Kabupaten Serang, Banten. Namanya Kampung Wisata Ciomas dan baru akan dibuka untuk umum hari ini, Sabtu (5/6/2021). Yuk, intip apa saja yang ditawarkan destinasi wisata ini.

Kampung Wisata Ciomas berada di Jalan Raya Palima-Cinangka KM 13 Desa Talaga Warna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten. Dari arah Palima lokasinya kira-kira 100 meter sebelum pertigaan Pasar Ciomas berada di sebelah kanan. Dari gerbangnya yang terbuat dari susunan bambu hitam lokasi ini sangat mudah dikenali.

Dede Roni, pengelola Kampung Wisata Ciomas mengatakan, Kampung Wisata Ciomas memiliki konsep wisata yang unik. Karena selain sebagai tempat wisata edukasi keluarga juga sekaligus berderma. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung turut membantu kegiatan-kegiatan sosial keagaman karena sebagian keuntungan akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial keagamaan.

Dede mengatakan, pembuatan kampung wisata ini bukan murni untuk tujuan bisnis. Ada niatan mulia dalam pengelolaannya karena 30 persen keuntungan akan dialokasikan untuk membiayai santri, penghafal Alquran, yatim piatu, dhuafa, dan orang miskin. Semakin besar keuntungan akan semakin banyak santri dan orang tidak mampu yang bisa dibantu.

“Jadi kita berwisata sambil berdonasi,” ujar Dede kepada Banten Raya saat ditemui di lokasi, Jumat (5/6/2021).

Kampung Wisata Ciomas
Kampung Wisata Ciomas menawarkan konsep agro dengan memandang yang memanjakan mata.

 

Pengusaha ternak ini mengatakan, lokasi yang saat ini menjadi Kampung Wisata Ciomas sebelumnya merupakan pondok pesantren yang lantaran jumlah santrinya terus berkurang sehingga terbengkalai. Agar tidak menghilangkan kekhasan sebagai tempat nyantri maka wahana-wahana yang disediakan juga diupayakan masih berbau kegiatan sunah.

Karena itu di tempat ini disediakan juga wahana wisata yang diajarkan oleh Rosulullah SAW yaitu memanah, berkuda, dan berenang. Tiga keahlian itulah yang dianjurkan oleh Rosulullah agar diajarkan kepada anka-anak.

“Karena bekas pesantren maka kita adakan wisata sunah sehingga tidak menghilangkan ikon pesantrennya,” kata Dede.

BACA JUGA: Mulai Buka Besok, Ada Tempat Wisata Baru di Serang

Bagi yang ingin berkuda, pengunjung akan dikenakan biaya Rp25 ribu untuk dewasa dengan tiga kali putaran. Sementara untuk anak-anak Rp20 ribu dengan tiga putaran. Untuk memanah dikenakan biaya Rp1.000 per busur.

Kampung Wisata Ciomas
Disediakan juga penyewaan bagi yang ingin mencoba menaiki kuda.

Wahana lain yang tidak kalah seru untuk anak-anak yaitu wahana tangkap ikan. Di kolam ini anak-anak akan diminta menangkap ikan. Bagi yang datang berkelompok, wahana ini akan menjadi wahana yang menumbuhkan kekompakan dan kerja sama tim. Selain tentu saja akan sangat menyenangkan bagi anak-anak karena bisa bermain air sambil menangkap ikan.

“Yang bisa nangkap ikan silakan bawa pulang. Jadi wahana ini gratis,” ujarnya.

Wahana lain yang gratis adalah terapi ikan. Di kolam ini, kaki pengunjung akan diterapi oleh ikan kecil-kecil. Pengelola juga menyediakan permainan tradisional seperti jejangkungan/ egrang dan lainnya. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp