DaerahEkonomi & BisnisSerang
Trending

Dongkrak Pendapatan Asli Daerah, BUMD di Banten Ini Bakal Jualan Es Balok

SERANG, BANTEN RAYA – PT Serang Berkah Mandiri (SBM) berencana mengelola pabrik es balok yang berlokasi di Desa Panyirapan, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Langkah yang diambil Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Serang itu adalah sebagai upaya mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Serang. 

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PT SBM Isbandi Ardiwinata mengatakan, Pemkab Serang memiliki pabrik es batu bantuan dari pemerintah pusat dan saat ini kondisinya terbengkalai. 

“Yang pasti pabrik es balok di Baros punya potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu sektor usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama nelayan,” ujar Isbandi kepada Banten Raya, Jumat (19/3/2021).

Ia mengungkapkan, saat masih beroperasi permintaan es balok cukup banyak, tidak hanya dari Kabupaten Serang saja namun juga datang dari Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. 

“Kemarin (18/3/2021) kita survei karena itu kan terbengkalai. Insya Allah nanti kalau memungkinkan akan kita kelola biar lebih produktif untuk mendongkrak PAD,” katanya. 

Adapun alasan berhenti beroperasinya pabrik es balok tersebut karena ada persoalan manajemen. “Saya kurang tahu berapa lama terbengkalainya tapi yang jelas mesin ada dan masih normal. Tinggal listriknya saja yang perlu diurus karena dicabut,” tuturnya. 

Untuk kapasitas produksi mesin dalam 15 menit bisa menghasilkan 400 buah es balok. “Esnya untuk pendingin ikan dan yang lainnya, bukan untuk konsumsi. Mudah-mudahan tahun ini kita coba aktifkan lagi. sementara kita adakan kajian dulu sama tim teknis,” ungkapnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp