Serang
Trending

Dua Truk Sampah Diangkut dari Gapura Anyer

SERANG, BANTEN RAYA – Sejumlah pemuda Anyer bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di bawah gapura Anyer. Dalam kegiatan itu, para pemuda berhasil mengangkut dua dump truk sampah untuk kemudian dibuang di tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Cilowong, Kota Serang.

Ketua Karang Taruna Desa Anyer Subhan mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah dalam rangka memperingati Hari Sampah Sedunia. “Tadi (kemarin-red) kami para pemuda bisa bergotong royong membersihkan sampah yang menjadi persoalan serius di Kecamatan Anyer,” kata Subhan, Minggu (21/2/2021).

Ia mengungkapkan, terdapat tiga titik tumpukan sampah yang berhasil dibersihkan namun sampah terbanyak berada di bawah gapura Anyer yang menjadi ikon pariwisata Anyer. “Sampah yang berahasil diangkut dua dump truk lebih. Yang satu mobil dibawa ke Cilowong,” ujarnya.

Pihakanya telah bekerjasama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk menegur dan menindak warga yang kedapatan membuang sampah sembarang di bawah gapura dan di pinggir jalan utama. “Ini kami lakukan untuk mencegah maraknya pembuangan sampah liar,” tuturnya.

Subhan mengungkapkan, warga Anyer telah menyampaikan kepada pihak kecamatan dan para anggota DPRD Kabupaten Serang yang berasal dari Anyer agar mengupayakan pembangunan tempat pembuangan sampah sementara (TPSS).

“Volume sampah di Anyer sudah luar biasa banyak, kalau tidak ditangani dengan serius akan menjadi persoalan di masyarakat. Seharusnya Anyer sebagai daerah wisata bebas dari sampah,” paparnya.

Semenatara itu, anggota DPRD Kabupaten Serang Suja’i A, Sayuti mengatakan, untuk mencegah maraknya pembuangan sampah sembarangan khususnya di Kecamatan Anyer dan umumnya di Kabupaten Serang pihaknya berencana memprakarsai peratruran daerah (Perda) tentang penanganan sampah.

“Dalam perda nanti warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan harus diberi tindak pidana ringan (Tipiri),” katanya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
× Chat Via WhatsApp