DaerahEkonomi & BisnisSerang
Trending

Duhhh Lagi Seret, Penerimaan Pajak Kabupaten Serang Baru Mencapai 10 Persen

SERANG, BANTEN RAYA – Peneriman pajak daerah sampai dengan saat ini baru mencapai 10 persen dari target pada akhir Maret atau pada triwulan pertama sebesar 25 persen. Adapun target besaran penerimaan pajak daerah tahun ini masih sama dengan 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengendalian Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang Ikhwanussofa mengatakan, beberapa pembayaran pajak sudah ada yang masuk dan besarannya masih relatif sama dengan tahun sebelumnya.

“Kalau dari total keseluruhan yang masuk baru 10 peren karena yang bulam Maret ini belum masuk. Biasanya menjelang tanggal 25 mereka (wajib pajak-red) pada bayar karena jatuh temponya tanggal 25 sebagian besar,” kata Ikhwan, Kamis (11/3/2021).

Ia mengungkapkan, target penerimaan pajak daerah setiap bulannya sebesar 8,3 persen atau sebesar 25 persen sampai dengan akhir Maret. “Target penerimaan pajak tahun ini keseluruhannya sebesa Rp442,63 miliar,” ujarnya.

Ikhwan menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 ada beberapa sektor pajak yang relative tidak terganggu yakni pajak penerangan jalan (PPJ) dan pajak reklame.

“Baik ada pandemi maupun tidak ada pandemi orang butuh listrik tapi memang ada penurunan (penerimaan-red) walaupun sedikit,” tuturnya.

Terjadinya penurunan penerimaan PPJ karena adanya program pemerintah yang memberikan subsidi kepada pelanggan listrik 450 VA. “Untuk target PPJ kurang lebih Rp175 miliar. Untuk pajak reklame juga tidak begitu terpengaruh, walaupun pandemi orang tetap masang iklan,” paparnya.

Namun ada beberapa sektor pajak yang penerimaannya cukup signifikan terganggu dengan adanya pandemi Covid-19 yaitu hotel, restoran, tempat hiburan karena ada pembatasan-pembatasan sosial.

“Untuk sektor penerimaan pajak lain yang cukup terganggu seperti bebatuan dan mineral karena terjadi penurunan order. Usahanya tetap berjalan tapi terjadi penurunan omzet sehingga berdampak juga pada pajak yang dibayarkan,” katanya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp