Serang
Trending

FSPP Pastikan Tidak Ada Pesantren Fiktif

SERANG, BANTEN RAYA – Ketua Umum Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang Sihabuddin memastikan tidak ada pondok pesantren (Pontren) di Kabupaten Serang yang fiktif. Namun masih ada beberapa pesantren yang belum memiliki izin operasional (Izop).

Pernyataan itu disampaikan Sihabudin menyusul beredarnya video di media sosial (medsos) yang diduga pengurus FSPP Kecamatan Pabuaran yang membantah adanya pesantren fiktif yang menerima bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Dipastikan tidak ada pesantren yang fiktif untuk di Kabupaten Serang. Mungkin yang dimaksud fiktif, awalnya pesantren belum punya izop tapi pesantrennya sudah berjalan lama, kemudian izopnya baru keluar,” kata Sihabuddin, Senin (7/6/2021).

Ia menjelaskan, ada beberapa pesantren yang sudah melakukan kegiatan-kegiatan namun izin operasionalnya baru diurus belakangan. “Kalau datanya sudah masuk ke Kemenag tidak ada masalah walaupun izopnya belum ada karena ada suket dari Kemenag,” katanya.

Sementara itu, sebuah video berdurasi satu menit 28 detik yang diupload oleh akun bernama Mihdan viral di media sosial facebook. Dalam video itu diduga pengurus FSPP Kecamatan Pabuaran membuat pernyataan yang membantah tudingan adanya pesantren fiktif.

“Kami pimpinan pondok pesantren di Kecamatan Pabuaran Serang dengan ini menyatakan apa yang dikatakan pesantren fiktif atau bodong oleh Uday Suhada Direktur ALIPP (Aliansi Independen Peduli Publik) adalah berita hoax atau bohong,” ujar suara dalam video tersebut.

BACA JUGA: Beredar Video Diduga Pimpinan Ponpes Tuding Uday Suhada Sebar Hoaks

Suara dalam video itu juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Banten Wahidin Halim yang telah merealisasikan program bantuan dana hibah kepada pondok pesantren.

“Dan kami ucapkan terima kasih pada Bapak Gubernur Bapak Wahidin Halim yang telah merealisasikan program bantuan dana hibah kepada pesantren yang kami kelola. Semoga dana bantuan yang kami terima bermanfaat untuk kesejahteraan pesantren kami. Kami doakan kepada bapak gubenur semoga dalam lindungan Allah SWT,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp