KesehatanSerang

Gawat! Ruang ICU Covid-19 di RS Dradjat Prawiranegara Penuh

SERANG, BANTEN RAYA – Ruang Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 di Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang sudah tidak bisa menerima pasien lagi. Sedangkan, untuk ruang perawatan Covid-19 dari 82 ruangan yang tersedia sudah terisi 63 orang. Jumlah pasien Covid-19 terus bertambah.

Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengatakan, saat ini pasien yang dirawat di RSDP Serang sebanyak 63 orang. “Untuk ruangan yang kita sediakan ada 82 sesuai data yang dikirim ke Kemenkes (Kementerian Kesehatan),” ujar Anam dalam keterangan persnya, Senin (21/6/2021).

Anam menjelaskan, pihak RSDP Serang tidak dapat langsung menerima pasien yang datang namun akan melihan yang dibutuhkan oleh pasien terlebih dahulu. “Kita tidak langsung terima pasien karena kita lihat kondisi pasiennya apakah dia membutuhkan ruang ICU, apakah membutuhkan oksigen, atau butuh perawatan di ruang isolasi biasa,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya tetap melakukan triase untuk menentukan apakah pasien yang datang bisa dirawat di RSDP Serang atau tidak. “Pada saat ini ICU di rumah sakit kami penuh, ada lima ICU dan terisi pasien semua dan kebanyakan pasien dari Kota Serang, sekitar 70 persennya. Kami dari RSDP Serang mengimbau agar warga selalu taat prokes (protokol kesehatan),” ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Suja’i A. Sayuti mendorong agar Pemkab Serang dengan RSDP Serang untuk menyiapkan ruangan tambahan jika jumlah pasien Covid-19 terus bertambah. “Pemerintah daerah harus mulai memikirkan penambahan ruangan agar jangan sampai ada pasien yang tidak terlayani karena kehabisan ruangan,” katanya.

Suja’i juga meminta kepada Pemkab Serang mulai melakukan pembatasan mobiliatas masyarakat agar penyebaran Covid-19 tidak terus meluas. “Kami berharap masyarakat juga agar tetap menjalankan prokes dan mengurangi menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak terlalu penting,” tuturnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button