DaerahEkonomi & BisnisSerang

Hanya Bermodal Ilmu dari Medsos, Warga Cikeusal Nekat Buka Salon Sepatu

SERANG, BANTEN RAYA – Aldi Harun, warga Kampung Bojong Neros, Desa Panosogan, Kecamatan Cikuesal, Kabupaten Serang mencoba peruntungan dengan cara membuka usaha salon sepatu dan reparasi sepatu. Hanya bermodal pengetahuan dari siaran di media sosial (medsos) dia nekat membuka pelayanan jasa tersebut.

Aldi mengatakan, usaha yang dijalaninya berawal dari pengalamannya yang memiliki satu pasang sepatu yang sudah kusam dan sudah tidak layak pakai. Saat sepatunya akan dibuang dia mendapat informasi dari temannya jika ada salon sepatu yang bisa membuat sepatu seperti baru lagi.

“Akhirnya sepatu saya yang sudah kusam saya bawa ke salon dan setelah disalon hasilnya seperti baru lagi,” katanya kepada Banten Raya, Minggu (20/12/2020).

Setelah melihat langsung proses mencuci sepatunya, Aldi mengaku terpikir untuk membuka salon dan reparasi sepatu tersebut. “Setelah saya melihat prosesnya dan keliatannya gampang dan akhirnya saya mencoba. Saya beli bahan-bahannya sambil belajar cara-caranya di instagram dan youtube,” ujarnya.

Usaha yang dijalaninya saat ini sudah berjalan dua bulan dan salon milik Aldi melayani pengecatan sepatu, mencuci sepatu, dan mereparasi sepatu tergantung permintaan pemilik sepatu. “Sepatu yang sudah kusam dan pudar warnanya bisa kita cat ulang supaya bagus lagi,” tuturnya.

Untuk pelanggannya, saat ini masih berasal dari teman-temannya dan dalam sehari paling tidak Aldi menerima jasa mencuci dan meraparasi sepatu minimal empat pasang sepatu. “Semua jenis sepatu bisa dicat ulang dan direparasi. Untuk biaya jasanya Rp60 ribu tapi kalau di salon yang profesional bisa mencapai Rp100 ribu,” katanya.

Saat ini Aldi yang juga berprofesi sebagai karyawan salah satu pabrik di wilayah Serang Timur itu mengatakan, usahanya masih dijalani sendiri di saat sedang libur kerja. “Sekarang masih sendiri mengerjakannya tapi saya lagi berusaha bisa ngajak temen-temen di kampung. Untuk bahan-bahanya saya beli di online,” ungkapnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp