DaerahSerangWisata & Kuliner
Trending

Kampung Wisata Ciomas, Ada Kafe di Atas Sawah, Kopi Dihidangkan Barista Profesional

Bagian 2-2 (Selesai)

SERANG, BANTEN RAYA – Kampung Wisata Ciomas berada di Jalan Raya Palima-Cinangka KM 13 Desa Talaga Warna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten. Tempat wisata ini akan menjadi salah satu tempat wisata edukasi bagi keluarga.

Dede Roni, pengelola Kampung Wisata Ciomas, mengatakan, kampung wisata ini mengangkat tema agro wisata dan memiliki sejumlah fasilitas yang akan mengedukasi para pengunjungnya, terutama anak-anak.

Di sini, anak-anak akan belajar tentang jenis-jenis hewan ternak seperti kambing kosta, domba garut, dan kelinci. Khusus kambing kosta, sengaja disediakan karena ini merupakan kambing ras Banten yang mungkin tidak banyak orang tahu. Dengan edukasi ini diharapkan akan banyak lahir para peternak di masa yang akan datang.

“Kita ingin mengenalkan kambing kosta kambing ras Banten kepada masyarakat khususnya anak-anak,” kata Dede, Jumat (4/6/2021).

Kampung Wisata Ciomas
Kampung Wisata Ciomas menawarkan konsep agro dengan memandang yang memanjakan mata.

Selain ternak kambing dan domba, tempat wisata yang menggunakan luas lahan sekitar 5.000 meter persegi untuk dijadikan wahana ini juga menyediakan wahana berkuda, memancing, dan tangkap ikan buat anak-anak. Untuk orang dewasa disediakan terapi ikan dan kolam mancing gratis. Sehingga orang tua, terutama bapak-bapak, yang kesal menunggu anak mereka bermain bisa memancing ikan emas di kolam ikan.

“Pancingnya kami sediakan dan bisa mancing gratis. Tapi kalau hasil pancingan dibawa pulang, baru dihargai per kilonya,” katanya.

Untuk anak muda generasi milenial yang datang ke lokasi ini, bisa menikmati suasana persawahan luas dengan bebukitan di ujungnya sambil menikmati minuman kopi atau yang lainnnya dan makanan ringan. kafe sengaja dibuat di atas persawahan luas agar lebih indah dan alami.

Dari kafe ini pengunjung bisa melihat hamparan sawah dengan tanaman padi yang hijau. Di ujung sawah berdiri kokoh bebukitan. Pemandangan di kafe akan lebih indah ketika senja tiba.

Kopi yang dihidangkan diracik oleh barista profesional sehingga rasa kopinya bisa lebih nikmat.

Kampung Wisata Ciomas
Kampung Wisata Ciomas menawarkan konsep agro dengan memandang yang memanjakan mata.

Ke depan pengelola juga akan mengembangkan tempat wisata ini dengan menyediakan workshop membuat kerajinan dengan menggunakan bahan dasar bambu. Juga akan menyediakan homestay bila ada yang ingin menginap.

BACA JUGA: Dibuka Hari Ini, Yuk Intip Isi dari Kampung Wisata Ciomas

Dede mengatakan, permainan-permainan yang disediakan di tempat wisata ini, khususnya untuk anak-anak, berguna membuat anak-anak bergembira dengan sesuatu yang alami. Sehingga hal itu bisa mengalihkan mereka dari aktivitas bermain game atau penggunaan gadget yang biasanya tidak terkendali.

Untuk hari pertama pembukaan di hari ini, pengunjung akan dibebaskan biaya masuk. Pada tahap awal buka nanti, pegunjung hanya akan dikenai tiker Rp5.000 per orang. Bagi anak di bawah lima tahun tidak akan dikenai tiket masuk.

“Untuk parkir mobil Rp10.000 dan sepeda motor Rp5.000,” kata Dede. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp