DaerahHukum & KriminalSerang
Trending

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Serang Melonjak

SERANG, BANTEN RAYA – Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Serang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020, kasus kekerasan mencapai 103 kasus, sedangkan pada tahun 2019 mencapai 92 kasus. Adapun kasus terbanyak terjadi di lima kecamatan.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak mengalami peningkatan yang signifikan.

“Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak kita akui bahwa di tahun 2020 ada lonjakan dibanding tahun 2019. Kasus kekerasan pada 2020 terdapat 103 kasus dan pada 2019 terdapat 92 kasus,” kata Terkul, Kamis (14/1/2021).

Untuk menekan terus meningkatnya jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak tersebut, Tarkul mengaku, tahun ini pihaknya akan lebih menggencarkan lagi kegiatan sosialisasi sampai ke desa-desa. “kita akan melakukan sosialisasi bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, DKBP3A juga akan mengoptimalkan peran dan fungsi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang ada di kecamatan-kecamatan serta relawan P2TP2A yang ada di desa-desa. “Sebenarnya sosialisasi dan edukasi sudah kita lakukan tapi akan kita tingkatkan lagi,” paparnya.

Adapun sebagai langkah preventif, pihaknya pada 2021 ini akan membuat poster atau pamflet yang berisikan pasal-pasal ancaman kekerasan terhadap perempuan dan anak yang nantinya akan dipasang di ruang-ruang publik. “Kita juga akan mendorong masyarakat untuk bisa melaporkan setiap ada tindakan kekerasan,” tuturnya.

Tarkul mengungkapkan, pada tahun 2020 terdapat lima kecamatan yang jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anaknya cukup tinggi sehingga akan menjadi perhatian khusus. “Kecamatan Gunungsari 15 kasus, Ciruas sembilan kasus, Carenang sembilan kasus, Cikande tujuh kasus, dan Kecamatan Kragilan tujuh kusus,” katanya. (tanjung/fikri)

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp