DaerahKesehatanSerang
Trending

Kasus TB di Kabupaten Serang Capai 2.223, Komunitas Penabulu Bentuk Kader

SERANG, BANTEN RAYA – Kasus tuberkulosis (TB) di Kabupaten Serang yang jumlahnya mencapai 2.223 menjadi perhatian Komunitas Penabulu. Untuk menekan kasus pemyakit itu, Komunitas Penabulu membentuk kader TB yang bertugas membantu penyembuhan para penderita.

Koordinator Implementing Unit (IU) Sub Repicient (SR) Komunitas Penabulu Tubagus Deni Faisal Hasyim mengatakan, pihaknya melakukan launching pengawalan kader TB yang akan melakukan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) terhadap penderita kasus TB.

“Untuk kader TB ini sudah terrekrut di 27 kecamatan di seluruh Kabupaten Serang, ” kata deni di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, Selasa (30/3/2021). 

Ia menjelaskan, pada kader TB selanjutnya akan turun ke lapangan untuk melakukan investigasi kontak dan juga melakukan penyuluhan ke warga.

“Nanti teman-teman berkoordinasi dengan dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang karena mereka yang punya datanya. jumlah data kasus TB di Kabupaten Serang sampai dengan Desember 2020 sebanyak 2.223,” ujarnya. 

Data tersebut merupakan TB yang penyembuhannya cukup minum obat selama enam bulan dengan pengawasan orang terdekat di keluarganya. 

“Sebenarnya untuk Kabupaten Serang kasusnya masih sedikit tapi penyebarannya hampir sama dengan Covid-19,” tuturnya. 

Sebelum turun ke lapangan, Deni menuturkan, para kader TB tersebut akan diberikan pemahaman terlebih dahulu oleh Dinkes Kabupaten Serang. “Kader TB merupakan masyarakat sipil,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp