Serang
Trending

Kebutuhan Protokol Kesehatan di Pilkades Kabupaten Serang Dibebankan ke Desa

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 144 desa akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 11 Juli dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk Pilkades serentak sebesar Rp16 miliar.

“Anggaran yang sudah kita siapkan untuk kebutuhan panitia, logistik, pengamanan, dan kebutuhan lainnya,” kata Rudi, Jumat (19/2/2021).

Related Articles

Ia menjelaskan, anggaran sebesar Rp16 miliar itu belum termasuk untuk kebutuhan prokes Covid-19 seperti pengadaan alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan prokes Covid-19 lainnya.

“Untuk kebutuhan alat prokes Covid-19 dibiayai oleh desa masing-masing melalui dana desa (DD) dan bagi hasil pajak,” ujarnya.

Rudi menuturkan, bagi desa yang akan menggelar Pilkades harus menganggarkan untuk kebutuhan prokes Covid-19 yang besarannya disesuaikan dengan jiwa pilih yang ada di desanya masing-masing.

“Aturannya seperti itu, sekalian dengan penerapan PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) berskala mikro,” paparnya.

Saat ini pihaknya sedang menyusun jadwal tahapan-tahapan untuk pelaksanaan Pilkades serentak sesuai intruksi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri.

“Kita sudah ada rapat dan disepakati Pilkades digelar harus tepat waktu yang direncanakan bulan Juli. Untuk pelantikan calon kepala desa terpilih dilaksanakan di bulan Agustus,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Sangiang, Kecamatan Mancak Asep Saeful Rohman mengungkapkan, desanya pada tahun ini menjadi salah satu desa yang akan menggelar Pilkades. “Iya dengarnya untuk kebutuhan prokes dari dana desa anggarannya,” kata Asep.

Adapun besaran anggaran yang akan dialokasikan untuk kebutuhan prokes Covid-19 akan disesuaikan jumlah jiwa pemilih yang ada di desanya. “Kita juga bingung kalau ada warga yang isolasi mandiri pada hari H karena mereka juga harus terpenuhi hak pilihnya,” ujarnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp