DaerahEkonomi & BisnisSerang
Trending

Keren! Ibu-ibu di Desa Tegal Maja Sulap Empat Batang Bambu Jadi Kerajinan Bernilai Jutaan

SERANG, BANTEN RAYA – Hampir 50 persen ibu-ibu di Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan menjalani usaha membuat berbagai macam kerajinan dari bambu. 

Kegiatan ibu-ibu tersebut tidak terlepas dari upaya kepala desa mereka yaitu Muhamad Ikhsan yang bertekad memberdayakan warganya dengan memberikan pelatihan-pelatihan. 

“Sekarang ibu-ibu sudah pada bisa membuat sendiri kerajinan bambu di rumahnya masing-masing. Hasil produknya disetorkan ke kita,” ujar Ikhsan kepada Banten Kamis (4/2/2021). 

Di antara produk yang telah dihasilkan oleh ibu-ibu rumah tangga. Seperti keranjang kue, tempat baju, tempat konci, dan produk-produk lainnya. 

“Alhamdulillah pesanan sudah banyak, ada juga dari Anyer Cottage yang pernah pesan. Lumayan dari empat buah batang bambu begitu dibuat jadi kerajinan bisa menghasilkan Rp1,4 juta,” katanya. 

Penjualan produk juga tidak hanya di wilayah Banten tapi juga ke luar kota seperti ke Cianjur dan Kerawang, Jawa Barat secara daring. 

“Untuk bambunya masih kita datangkan dari luar dan kita juga sudah kerjasama dengan PT Indah Kiat, menanam bibit bambu di desa kami,” tuturnya. 

Saat ini, lanjut Ikhsan, pihaknya sedang mengembangkan budidaya lele dengan melibatkan 20 orang pemuda. “Untuk budidaya Lele ini kita di-support sama PT Cargill untuk kebutuhan pakannya,” tuturnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp