Serang
Trending

Ketua Dewan Pastikan Tidak Ada Calon Titipan di Pilkades Kabupaten Serang

SERANG, BANTEN RAYA – Ratusan bakal calon (balon) Kepala Desa mengikuti seleksi tes tertulis yang digelar panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tingkat kabupaten. Seleksi tertulis dilaksanakan untuk menentukan lima orang dari masing-masing desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan, dalam proses seleksi tertulis digelar dengan terbuka atau fairplay. “Melihat dari proses 2019 begitu fairplay dalam proses seleksi tertulis, saya meyakini seleksi tertulis hari ini pun sama,” ujar Ulum di lapangan Tennis Indoor, Pemkab Serang, Rabu (16/6/2021).

Ia menjelaskan, tidak ada soal atau jawaban yang beredar di luaran karena soal diundi dari lima bok yang disiapkan panitia.

“Kalau ada yang berspekulasi punya lembar soal atau lembar jawaban saya kira akurasinya tidak mungkin tepat,” katanya.

Bahrul memastikan, tidak ada bakal calon titipan dalam proses tes tertulis karena tes dan koreksi hasil jawaban dilakukan dalam waktu sehari.

“Tesnya hari ini, menjawab hari ini dikoreksi hari ini dan dimumkan hari ini, jadi tidak mungkin ada titip-titipan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, dari 27 desa yang sudah dijadwalkan untuk mengikuti tes tertulis satu desa tidak jadi mengikuti karena ada bakal calon yang mengundurkan diri.

“Di Desa Cikeusal, Kecamatan Cikeusal ada enam bakal calon tapi yang satu mengundurkan diri jadi tinggal lima orang,” katanya.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

Sementara itu, peserta diberi waktu untuk menjawab soal selama 90 menit dan soal yang diberikan sebanyak 50 soal yang meliputi tetang pemerintahan, undang-undang, Perbup tentang Desa, Hak Asasi Manusia (HAM), Perlindungan Anak, dan Tes Wawasan kebangsaan (TWK). (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp