DaerahPendidikanSerang
Trending

Kisah Hamdan OB DPRD Kabupaten Serang: Nekat Mulai Berkuliah dengan Gaji Cuma Rp300.000, Sekarang Sandang Gelar Sarjana

SERANG, BANTEN RAYA – Bagi yang sering berkunjung ke gedung DPRD Kabupaten Serang, mungkin tidak asing dengan office boy (OB) bernama Hamdan. Selain bertugas membuat kopi, Hamdan juga sering wara wiri mengantarkan surat ke ruangan komisi DPRD. 

Hamdan kini menyandang gelar sarjana strata satu (S-1) setelah pada September tahun lalu berhasil menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Banten. Namun Hamdan baru mengikuti wisuda pada Sabtu (30/1/2021). 

Hamdan yang sebelum menjadi OB berprofesi sebagai tukang semir itu memulai kuliahnya pada 2016 saat gaji yang diterimanya antara Rp300.000 sampai Rp500.000. 

Saat akan memulai kuliah, Hamdan sempat mendapat penolakan dari keluarganya karena keadaan ekonomi yang tidak mendukung. Namun karena ada dukungan dari atasannya, Hamdan memberanikan diri untuk mendaftar kuliah. 

“Jadi pada tahun 2016 ada brosur kampus di dewan, pas saya baca ada Pak Azis (Azis Setiawan, kini menjabat Kasubag Perbendaharaan-red) nanya Hamdan mau kuliah? Saya jawab enggak pak, enggak ada uangnya. Terus Pak Azis jawab kalau ada keinginan daftar saja, di tengah jalan ada kendala cuti saja,” kata Hamdan kepada Banten Raya, Minggu (31/1/2021). 

Setelah mendapat dukungan dari Azis, Hamdan juga mengaku mendapat dorongan serupa dari atasannya yang lain yang bernama Wawan Ikhwanudin. 

“Pak Wawan bilang ke saya kamu masih muda harus punya cita-cita dan kalau bisa kuliah, bapak dukung,” Hamdan menirukan ucapan Wawan. 

Setelah mendapat dukungan dari atasannya, Hamdan memberanikan diri mendaftar kuliah di STIE Banten. “Di awal-awal berjalan lancar namun pada tahun 2018 sempat ada kendala namun beruntung bisa teratasi. Saya nikah tahun 2018 dan pas mau bayar semester bertepatan dengan acara tujuh bulanan istri yang sedang hamil. Kebetulan istri kerja jadi saya diizinkan pakai uang istri,” ungkapnya. 

Meski sambil bekerja, Hamdan mengaku bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan memperoleh indeks prestasi kumulatif 3,15. 

“Kuliahnya malam Sabtu dan malam Minggu. Alhamdulillah kemarin (30/1/2021) sudah wisuda dan semoga ilmunya bermanfaat,” tuturnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp