DaerahSerang
Trending

Nahdliyin Harus Selektif Berdonasi untuk Palestina

SERANG, BANTEN RAYA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Serang meminta nahdliyin atau warga NU mewaspadai permintaan sumbangan berkedok peduli Palestina, sehingga harus selektif dalam menyalurkan donasi. Bila tidak, dikhawatirkan sumbangan yang digalang justru digunakan untuk kepentingan lain selain Palestina.

Wakil Ketua PCNU Serang Abdul Gofur mengatakan, menyalurkan donasi kepada warga Palestina yang saat ini diserang Israel adalah sah adanya karena merupakan usaha membantu sesama muslim dan untuk kepentingan kemanusiaan. Bahkan, PCNU Serang sendiri mengecam aksi serangan Israel di Jalur Gaza.

Meski demikian, warga nahdliyin hendaknya harus tetap waspada agar bantuan yang disumbangkan tepat sasaran dan tidak digunakan untuk kepentingan lain di luar persoalan Palestina.

“Yang harus diwaspadai itu adalah yang membuka donasi katanya untuk Palestina, tapi ternyata untuk kepentingan kelompok tertentu,” kata Gofur, Sabtu (22/5/2021).

Penghimpunan dana yang memanfaatkan isu peduli Palestina ini, kata Gofur, harus diwaspadai keberadaanya. Jangan sampai warga salah berdonasi, apalagi bantuan tidak sampai untuk warga Palestina.

“Kayak begini harus diwaspadai yang manfaatkan isu Palestina. Harus jeli mana yang digunakan untuk Palestina mana yang tidak. Yang kayak begini kita harus cerdas,” ucapnya.

BACA JUGA: Warga Kota Serang Pukul Tentara Israel

Karena itu Gofur meminta kepada para nahdiyin di Banten untuk mendonasikan kepedulian Palestina melalui LAZISNU sebuah Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama, sebagai sarana untuk membantu masyarakat. Itu sesuai amanat muktamar NU yang ke-31 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. 

Terkait agresi militer dan serangan di Jalur Gaza, Pengasuh Pondok Pesantren Pancasila Sakti ini turut prihatin. Menurutnya, Pemerintah Indonesia harus ikut memaksimalkan fungsi diplomasi internasional. (tohir)

Related Articles

Back to top button