Serang
Trending

Panitia Khawatir Pilkades Jadi Klaster Baru Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Serang mengkhawatirkan terjadinya klaster baru penularan Covid-19 pada Pilkades serentak yang akan digelar pada 11 Juli mendatang.

Anggota panitia Pilkades serentak Desa Alang-alang, Kecamatan Tiratayasa Imron Nawawi mengatakan, Pilkades serentak di Kabupaten Serang berpotensi besar menjadi klaster penularan Covid-19 jika tidak diantisipasi dengan serius.

“Jika kita berkaca pada gelaran Pilkada tahun 2020 Kabupaten Serang statusnya berubah menjadi zona merah penularan Covid-19 setelah pilkada digelar. Hal yang sama bisa terjadi di Pilkades serentak,” kata Imron, Jumat (12/3/2021).

Demisioner Ketua Gerakan Mahasiswa Serang Utara (Gamsut) itu mengaku, akan memberikan usulan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk melakukan tindakan pencegahan agar klaster pilkades serentak tidak terjadi.

“Pencegahan harus benar-benar dilakukan guna memberi rasa aman kepada seluruh masyarakat Kabupaten Serang. Dipastikan yang namanya pilkades pasti kerumunan tidak terhindarkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, sebagai upaya untuk mengantisipasi penularan Covid-19 pihaknya telah melibatkan Satgas Covid-19 masuk dalam kepanitiaan.

“Di Perbup (peraturan bupati)-nya juga dijelaskan semua kegiatan panitia pilkades dari tingkat kabupaten sampai ke desa harus mematuhi prokes (protokol kesehatan) Covid-19,” kata Rudi. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp