Serang
Trending

Pasien Covid-19 di Kabupaten Serang Boleh Dipulangkan Tanpa Swab Jika Setelah 10 Hari Tanpa Gejala

SERANG, BANTEN RAYA – Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang sudah bisa dipulangkan jika sudah menjalani perawatan selama 10 hari tanpa harus dilakukan pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) terlebih dahulu.

Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengatakan, jumlah pasien yang dirawat di RSDP saat ini sudah mulai berkurang dan dalam sepekan terakhir pasien yang datang juga sudah menurun.

Untuk pasien ada penurunan jumlahnya. Sekarang tinggal 39 orang, biasanya di atas 40 orang lebih. Kemarin (18/2) masih 41 orang. Penurunan mulai pekan ini, kata Anam kepada Banten Raya, Jumat (19/2).

Ia mengungkapkan, saat ini ada aturan baru dari pemerintah pusat bahwa pasien yang sudah dirawat salama 10 hari di rumah sakit namun tidak ada gejala seperti batuk dan demam sudah bisa dipulangkan.

“Kalau dulu kan ketika mau memulangkan harus ada hasil swab PCR negative, sekarang aturannya berubah lagi, jadi tidak perlu ada hasil swab PCR karena mengingat virus itu ada di tubuh kita hanya 14 hari,” ujarnya.

Anam menjelaskan, pada hari kelima, ketujuh, dan ke-10 sudah ada antibodi di dalam tubuh pasien yang tekonfirmasi Covid-19.

” Menurut teori kalau kita sudah tidak ada keluhan antibodi sudah ada di tubuh kita dan pada hari ke-14 virusnya akan hilang dan antibodi kita terbentuk,” tuturnya.

Walaupun tidak melakukan swab PCR, namun pihak RSDP Serang melakukan rontgen terhadap pasien untuk mengetahui kondisi paru-paru pasien dan untuk memenuhi administrasi klaim ke BPJS.

“Apakah setelah pulang pasien harus melakukan isolasi mandiri, kita lihat dulu Karena biasanya gejalan itu terjadi pas virus masuk tapi pada hari kelima baru ada gejala, sehingga pada hari ke-14 gejalanya sudah 10 hari,” ujarnya.

Pria yang berprofesi sebagai dokter gigi itu menceritakan, ada pengalaman dua orang pasien Covid-19 yang dipulangkan setelah menjalani perawatan 10 hari, kemudian keesokan harinya melakukan pemeriksaan rapid test antigen dan hasilnya negatif.

“Aturan pemulangan setelah dirawat 10 hari baru-baru ini,” ungkapnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp