Serang
Trending

Pasutri Baru Disarankan Pakai Alat Kontrasepsi

SERANG, BANTEN RAYA – Pasangan suami istri (Pasutri) yang baru menikah dan berencana menunda memiliki momongan disarankan untuk memakai kondom sebagai alat kontrasepsi (alkon). Penggunaan kondom bagi pasangan baru dinilai lebih aman dan efektif.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, pihaknya telah menyiapkan alkon untuk 321.000 pasangan usia subur (PUS).
“Terkait dengan alkon untuk di tahun sekarang persediaannya cukup sesuai jumlah PUS yang ada sebanyak 321.000 orang. Untuk alkon berupa kondom yang kita siapkan kurang lebih sebanyak 100 ribu buah,” kata Tarkul, Selasa (9/3).

Namun peserta keluarga berencana (KB) yang menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsinya terbilang cukup rendah dibanding dengan yang menggunakan alat kontrasepsi lain seperti pil KB, implan, maupun suntik KB, dan yang lainnya.

“Yang menggunakan kondom paling 5 persen dari total PUS 321.000. Kami menyarakan untuk pengantin baru yang ingin menunda punya momongan sebaiknya pakai kondom jangan pakai IUD (intrauterine device),” ujarnya.
Untuk pemberian kondom dan alkon lainnya, Tarkul mengungkapkan, pihaknya melibatkan petugas KB dan petugas Sub Pos KB serta pegawai puskesmas di kecamatan-kecamatan.

“Petugas di bawah ketika akan melakukan pembinaan mereka lapor dulu, baru kita kasih alkon untuk kebutuhan satu minggu atau satu bulan. Ada juga warga yang datang sendiri minta kondom,” tuturnya.

Untuk mencegah penyelahgunaan kondom sendiri, pihak DKBP3A hanya memberikannya kepada mereka yang telah menikah. “Kalau ada yang datang minta kondom kita pastikan yang minta sudah menikah, kalau ada yang minta tapi belum nikah enggak kita kasih,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp