DaerahSerangWisata & Kuliner
Trending

Pemandian Alam Cirahab, Mandi di Kolam dengan Air Sebening Kaca

Bagian 1-2 (Bersamsung)

SERANG, BANTEN RAYA- Kabupaten Serang, Provinsi Banten, memiliki banyak sekali tempat pemandian alam yang menarik dan patut dicoba. Salah satunya adalah pemandian alam Cirahab yang berlokasi di Kampung Sukaraja, Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang. Keunggulan tempat pemandian Cirahab adalah airnya yang sangat jernih.

Air bening yang ada di pemandian alam Cirahab berasal dari bebukitan sekitar Padarincang. Sumber air berada di akar pohon beringin besar yang persis berada ada di pinggir kolam. Sumber air dari pohon ini konon sangat deras sehingga pergantian air di kolam Cirahab berjalan dengan baik.

Air yang ada di pemandian alam Cirahab terasa sangat dingin ke kulit ketika pertama kali memasuki kolam pemandian. Bagi pengunjung yang ingin mandi di kolam Cirahab sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan menceburkan telapak kaki ke dalam air sambil duduk-duduk santai di bebatuan yang ada di pinggir-pinggir kolam.

Setelah telapak kaki mulai terbiasa dengan rasa dingin, lalu secara perlahan-lahan terus mencelupkan kaki dari mulai betis ke paha sampai kemudian seluruh tubuh masuk ke dalam air. Dengan cara ini maka badan tidak akan kaget dengan perubahan suhu yang dirasakan. Sebab air di kolam Cirahab dingin sedingin es.

BACA JUGA: Wisata Alam Gunung Pinang Penuh Spot Instagramable, Ada Rumah Jamur dan Taman Langit

Tidak hanya dingin, air di kolam Cirahab juga sangat bening sebening kaca. Karena beningnya air di kolam Cirahab pengunjung juga bisa melihat ikan kecil-kecil yang berenang di kolam itu yang biasanya berada di pinggir kolam sambil memakan lumut yang menempel di bebatuan.

Saking beningnya air di kolam ini juga, bebatuan yang berwarna hijau karena lmut dapat terlihat dengan jelas meski tidak menyelam. Bahkan, bebatuan kecil yang berada di dasar kolam juga terlihat sangat jelas dan indah.

Kolam cirahab
Anak-anak berenang di Kolam Cirahab dengan riang.

Pemandian alam Cirahab dikelola oleh masyarakat sekitar secara swadaya sehingga tidak memiliki waktu buka atau tutup. Menurut warga pemandian ini buka setiap hari bahkan ketika pemerintah melarang tempat wisata buka. Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi pemandian pun tidak dikenai karcis masuk sehingga bebas keluar masuk sesuka hati.

Pemandian alam Cirahab bisa dijangkau dengan mengambil rute Jalan Raya Palima-Cinangka. Bila sudah melewati simpang Ciomas, maka jaraknya hanya sekitar 2 kilometer (km). Dari Jalan Raya Palima-Cinangka lokasi Cirahab berada di sisi kanan jalan. Ada plang yang menunjukkan lokasi Cirahab.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

Terdapat dua plang yang terpasang di pinggir jalan dan keduanya bisa dipilih, salah satu. Sebab satu plang menunjukkan jalan masuk dari arah depan, sementara satu lagi dari arah belakang.

Bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor maka harus hati-hati ketika memasuki gang menuju ke kolam pemandian Cirahab karena jalan yang semula dicor mengalami kerusakan. Dibutuhkan kehati-hatian dari pengendara sepeda motor dalam mengendarainya agar tidak terjatuh akibat jalan rusak. Apalagi, bila melintasi jalan ini ketika musim hujan disaat jalanan akan lebih licin dibandingkan ketika musim kemarau. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp