DaerahPendidikanSerang
Trending

Pemkab Serang Dapat Tawaran Kerja Sama dari Turki, Soal Apa?

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendapat penawaran kerja sama pendidikan dari Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah yang merupakan yayasan milik pemerintah Turki yang ada di Indonesia. Namun penawaran itu akan ditindaklanjuti setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengaku, mendapat disposisi dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terkait adanya permohonan audiensi dari Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah.

“Saya kan harus kroscek dulu benar enggak lembaganya, saya lihat langsung ke Cipinang, Jakarta dan ternyata benar luar biasa, itu lembaga bonafit,” ujar Asep saat ditemui di lingkungan Setda Kabupaten Serang, kemarin.

Ia menjelaskan, dari hasil komunikasi yang dibangun dengan pihak yayasan, mereka adalah yayasan dari Turki yang memfasilitasi masyarakat Indonesia. Masyarakat yang sedang belajar untuk benar-benar bisa mendapatkan pendidikan yang baik dengan harga yang kompetitif di Turki.

“Teknisnya itu ada semacam satuan pendidikan, bisa mahasiswa itu kuliah di Indonesia dan belajar agama di yayasan Sulaimaniyah atau kuliah di Turki. Baik itu dengan biaya sendiri ataupun beasiswa, untuk beban hariannya didukung oleh yayasan Sulaimaniyah,” katanya.

Asep mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan hasil pertemuannya tersebut kepada Bupati Serang dan Bupati Serang meminta disiapkan waktu setelah Idul Fitri untuk membicarakannya lebih lanjut.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Jajaki Kerja Sama Kawasan Industri dengan Krakatau Steel

“Jadi sifatnya undangan untuk melakukan kerjasama antara lembaga pendidikan sulaimaniyah dengan Pemda Serang. Ini saya tangkap sebagai peluang yang bagus,” tuturnya.

Ia menuturkan, biaya pendidikan di Turki lebih murah dibandingkan dengan biaya pendidikan perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia. 

“Untuk fakultas kedokteran saja di Turki biayanya dari mulai Rp3,3 juta sampai Rp10 juta-an tergantung perguruan tingginya,” ungkapnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp