Serang
Trending

Penanganan Sampah Terkendala Armada dan TPA

SERANG, BANTEN RAYA – Penanganan sampah di Kabupaten Serang masih terkendala jumlah armada dan tempat pembuangan akhir (TPA) sehingga banyak sampah yang belum tertangani terutama sampah liar.

Kabid Persampahan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Toto Mujianto mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi penanganan sampah di tujuh kecamatan yang telah diberi kewenangan untuk mengelola sampah secara mandiri.

“Kita melakukan rapat evaluasi mengetahui kendala-kendala penanganan sampah. Dari evaluasi itu kendalanya kita belum punya TPA dan armada kita masih kurang,” ujar Toto, Senin (17/5).

Ia mengungkapkan, akibat belumnya punya TPA itu dan pembuangan sampah masih tergantung kepada Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) pengangkutan sampah masih terbatas.

“Solusinya kita akan menambah armada minimal dua unit per kecamatan. Mudah-mudahan di 2022 sudah bisa dan keuangan daerahnya memungkinkan,” katanya.

Selain terkendala armada dan TPA, penanganan sampah juga terkendala sumber daya manusia (SDM) yang sangat terbatas. “Untuk armada dan SDM kita di kecamatan-kecamatan belum ideal jumlahnya,” tuturnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp