DaerahSerang
Trending

Penyekatan di Pintul Tol Ciujung, Dua Pemudik Positif Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Dua orang pemudik asal Kota Serang dan Kabupaten Lebak yang terkena penyekatan di Pospam Pintu Tol Ciujung, Kecamatan Kragilan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan rapid test antigen oleh petugas kesehatan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku, mendapat informasi dari petugas gabungan bahwa setelah diambil sampling rapid test antigen terhadap pemudik yang melintas Pintu Tol Cijung terdapat dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari hasil rapid test antigen beberapa hari kemarin, ada yang reaktif dari Kota Serang dan Kabupaten Lebak. Ini sudah dikomunikasikan dengan kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota masing-masing,” ujar Tatu disela-sela meninjau penyekatan pemudik di Ciujung, Senin (10/5/2021).

Ia memastikan pelakasanaan penyekatan pemudik di Kabupaten Serang berjalan lancar dan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). 

Tatu yang melihat langsung proses penyekatan menyampaikan, bahwa ada beberapa pemudikan yang diputar balik karena tidak membawa surat keterangan sesuai dengan ketentuan.

“Saya mohon kepada masyarakat Kabupaten Serang khususnya, patuh terhadap apa yang menjadi aturan pemerintah. Pemerintah mengeluarkan aturan ini untuk keselamatan dan untuk kesehatan masyarakat,” paparnya.

Kapolsek Kragilan Kompol Andhi Kurniawan mengungkapkan, pada hari keempat penyekatan pemudik sudah ada kurang lebih 1.000 unit kendaraan yang diperiksa. Sekitar 400 unit kendaraan diantaranya diputar balik karena tidak dilengkapi dengan surat keterangan sesuai dengan surat edaran dari Satgas Covid-19.

BACA JUGA: Nekat Mudik, Polda Banten Putar Balik 1.439 Kendaraan dalam 3 Hari

“Rata-rata kendaraan yang kita periksa tujuannya ke wilayah Jakarta, Tangerang, dan Jabodetabek karena masyarakat di wilayah tersebut melintas dari Gerbang Tol Ciujung,” kata Andhi.

Ia menuturkan, para pemudik mayoritas melintasi pintu tol Ciujung pada pagi hari dan malam hari. “Jadi mungkin melihat kelengahan anggota yang melakukan penyekatan jadi itulah yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Pemudik yang mengelabui petugas sejauh ini tidak ditemukan,” ujarnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp