DaerahSerang
Trending

Perusahaan Masih Cuek Laporkan Keberadaan TKA

SERANG, BANTEN RAYA – Kesadaran pihak perusahaan untuk melaporkan keberadaan tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di perusahaan mereka dinilai belum maksimal. Diduga kuat, jumlah TKA yang ada di lapangan lebih banyak dari yang terdata.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pembangunan Pemkab Serang Nanang Supriatna mengatakan, tim pengawas orang asing (Timpora) Kabupaten Serang akan melakukan pendataan TKA yang ada di perusahaan-perusahan.

“Nanti akan dilakukan pendataan orang asing terutama TKA. Pendataan dilakukan agar tidak ada satupun TKA yang luput dari pantauan kita,” ujar Nanang usai memimpin rapat koordinasi di ruang rapat TB Saparudin, Setda Kabupaten Serang, Jumat (9/4/2021).

Sebelum pendataan dilakukan, pihaknya akan terlebih dahulu memadukan data yang ada di masing-masing instansi Timpora. 

“Sementara pelaporan dari perusahaan belum maksimal. Kita akan surati agar perusahaan proaktif melaporkan keberadaan TKA-nya,” katanya.

Selain akan menyurati pihak perusahaan yang mempekerjakan TKA, Timpora juga akan menyurati pihak hotel di Kabupaten Serang karena ada beberapa TKA yang menyewa hotel untuk tinggal sementara.

“Kalau TKA yang tidak dilaporkan jika ketahuan akan kita deportasi dan perusahaannya kita beri sanksi. Di satu sisi investasi perlu kita jaga dan di sisi lain kita perlu kewaspadaan. Setiap orang asing yang datang harus jelas tujuannya,” tuturnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp