DaerahKota CilegonSerang
Trending

Plh Kepala Daerah Kompak Ogah Pakai Fasilitas Bupati/walikota, Masa Tugas Cuma Hitungan Hari

SERANG, BANTEN RAYA- Dua daerah yaitu Kabupaten Serang dan Kota Cilegon kini dipimpin oleh seorang Pelaksana harian (Plh) bupati/walikota selama sekitar 10 hari. Meski menjadi pucuk pimpinan akan tetapi kedua Plh itu kompak untuk tidak menggunakan fasilitas seorang kepala daerah. 

Seperti diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa. Lalu Walikota dan Wakil Walikota Cilegom Edi Ariadi-Ratu Ati Marliati telah habis sejak kemarin, Rabu (17/2/2021). 

Sementara pelantikan kepala daerah hasil pilkada 2020 direncanakan digelar antara 25 hingga 27 Februari 2021. Untuk mengisi kekosongan pimpinan, Gubernur Banten Wahidin Halim menunjuk sekda di masing-masing wilayah untuk menjadi Plh kepala daerah.

Plh Bupati Serang Tb Entus Mahmud Sahiri mengatakan, selaku Plh ia akan memegang teguh pada amanat yang ada dalam surat keputusan (SK) Gubernur Banten dimana ruang lingkup tugas Plh sangat terbatas.

Dalam melaksanakan tugasnya, Entus mengaku akan lebih banyak menjalankan bagaimana mengoordinasikan seluruh tugas organisasi perangkat daerah (OPD) supaya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Dan saya tentunya memerlukan dukungan dari seluruh stakeholder di dalam menjalan tugas sebagai Plh. Posisi saya sebagai Plh tetap akan berkantor di kantor sekda dan tidak akan menempati ruangan bupati,” ujarnya.

Mantan Camat Kragilan, Kabupaten Serang itu menegaskan, salah satu fokusnya saat ini adah menyiapkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Serang terpilih Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa. 

“Bahwa direncanakan pelantikan bupati dan wakil bupati berkisar antara 25 sampai 27 Februari, tapi tetap kita masih menunggu kepastian. Harapan kita bisa secepatnya karena semua persyaratan untuk pelantikan sudah dipenuhi,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Plh Walikota Cilegon Maman Mauludin. Dikatakannya, saat ini Ia akan fokus menyiapkan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta. Selain itu, Ia juga memastikan program Pemkot Cilegon dalam rangka menekan penyebaran covid-19 tetap berjalan.  

“Kita menyiapkan pelantikan Pak Wali yang baru Pak Helldy dan Pak Sanuji agar berjalan lancar tanpa kendala dan menekan angka penyebaran Covid-19,” tuturnya. 

Disinggung terkait akan menempati Ruang Walikota, adik dari mantan Walikota Edi Ariadi itu mengaku akan tetap berkantor di Ruang Sekda. Begitu pula terkait kendaraan dinas, Maman mengaku akan tetap memakai fasilitas kendaraan dinas Sekda Cilegon. 

“Pakai mobil yang sudah ada, tidak pakai mobil Walikota,” ujarnya. (tanjung/gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp