DaerahSerang

Rutilahu di Kabupaten Serang Tersisa 4.000 Unit

SERANG, BANTEN RAYA – Rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Serang tersisa kurang lebih 4.000 unit dari total rutilahu sebanyak 12.000 unit lebih. Pada tahun ini, Pemkab Serang akan membangun 750 unit rumah layak huni. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang Irawan Noor mengatakan, jumlah rutilahu di Kabupaten Serang terus berkurang. “Kurang lebih sisanya 4.000 unit lagi,” kata Irawan, Selasa (5/1/2021). 

Ia mengungkapkan, pada 2020 Pemkab Serang membangun rumah layak huni yang anggarannya dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebanyak 925 unit, dari APBN sebanyak 1.030 unit, dan dari anggaran Provinsi Banten sebanyak 160 unit. 

“Dari CSR (corporate social responsibility) 10 unit dan ada lagi dari Baznas,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, pembangunan rumah layak huni yang sumber anggarannya dari APBD Kabupaten Serang berkurang sebanyak 175 unit. “Kalau dari APBN sama dari provinsi belum ketahuan dapatnya berapa. Mudah-mudahan lebih banyak dari 2020,” tuturnya. 

Selain membangun rumah layak huni, Irawan juga mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan melakukan validasi data rutilahu. “Kita akan melakukan validasi data khawatir ada rutilahu yang baru,” katanya. (tanjung)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp