DaerahSerang

Sering Terjadi Pohon Tumbang, DLH Kabupaten Serang Tidak Miliki Datanya

SERANG, BANTEN RAYA – Memasuki musim hujan banyak terjadi pohon tumbang di wilayah Kabupaten Serang terutama di jalan-jalan nasional. Seperti yang terjadi di Jalan Raya Anyer-Karangbolong, Desa Sindanglaya Kecamatan Cinangka pada Jumat (17/12/2020) pukul 07.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Warga Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka Asep Awaludin mengatakan, saat pohon tumbang seorang warga bernama Aam bersama anaknya sedang melintas dengan mengendarai sepeda motor. Beruntung, Aam hanya terkena ranting pohon saja sehingg tidak mengalami luka serius. “Untung enggak kena pohonnya, jadi engak terlalu parah,” kata Asep.

Asep mengungkapkan, di lokasi tersebut sering terjadi pohon tumbang, terkahir belum lama ini sebuh pohon besar juga tumbang dan menimpa mobil operasional Polsek Cinangka. “Di sekitar sini sudah ada tiga kali pohon tumbang, mungkin karena pohonnya sudah pada tua. Kalau bisa sih pohon-pohon yang sudah tua dan rapuh bisa ditebangi karena membahayakan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengaku, terkait keberadaan pohon yang ada di pinggir-pinggir jalam menjadi tanggungjawabnya. “Kalau pohon yang ada ada di pinggir jalan yang ditanam oleh lintas pemerintah itu jadi tangungjawab kami, tapi kalau pohon yang ditanam masyarakat umum kita enggak ngurusin, baru kalau kita diminta bantuan kita bantu,” kata Budi.

Namun untuk menebang dan menertibkan pohon yang sudah tua yang ada di pinggir jalan nasonal harus dikoordinasikan terlebih dahulu. “Kalau di pinggir jalan nasional siapa yang nanamnya, kalau yang nanam pengelola jalan nasional kita harus ijin dulu kalau mau menebang. Kalau di tanam kabupaten kalau sudah tua ditebang untuk diganti. Kalau data pohon tua belum ada berapa-berapanya,” tuturnya. (Tanjung)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp