DaerahPendidikanSerang

SMAN Negeri 1 Cikande Berikan Bimbingan Masuk PTN

SERANG, BANTEN RAYA – SMA Negeri 1 Cikande akan memberikan bimbingan kepada peserta didiknya, untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Hal tersebut disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Cikande Mulyadi.

Kepada Banten Raya Mulyadi menyampaikan bahwa pihak sekolah saat ini sedang mempersiapkan mengisi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS). Tidak hanya itu, pihak sekolah juga akan melakukan pemeringkatan prestasi peserta didiknya.

“Untuk di SMA Negeri 1 Cikande, kami memiliki kuota sebanyak 80 peserta didik untuk jurusan IPA dan IPS sebanyak 78 murid,” kata Mulyadi, kemarin.

Kemudian, lanjut Mulyadi, setelahnya dilakukan pemeringkatan dan mengisi PDSS, pihak sekolah memberikan bimbingan kepada peserta didiknya dalam membuat akun sebagai salah satu sarana untuk mendaftar SNMPTN.

Ia menjelaskan, akun tersebut nantinya tidak hanya bisa digunakan untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, namun akun tersebut juga bisa digunakan untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN dan Mandiri.

Karena proses bimbingan dilakukan secara tatap muka, kata Mulyadi, maka pihak sekolah membuat jadwal bimbingan sebagai salah satu upaya sekolah untuk menjalankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Jadwal bimbingan dibagi dalam tiga hari dimulai Jumat hingga Minggu (7-10/1/2021).

“Untuk hari Jumat bimbingan dibagi dalam dua gelombang. Satu gelombangnya terdiri dari 20 peserta didik. Hari Sabtu dan Minggu dibagi dalam empat gelombang,” ujar Mulyadi.

Tidak hanya membuat jadwal bimbingan, lanjut Mulyadi, untuk mencegah sekolah menjadi klaster baru Covid-19, pihak sekolah bekerjasama dengan layanan kesehatan terdekat memberikan pelayanan rapid test bagi peserta didik yang akan melakukan bimbingan.

Jika hasilnya ada yang reaktif, masih kata Mulyadi, maka pihak sekolah akan membuatkan akun tersebut. Mulyadi menilai, bimbingan secara daring kurang efektif karena dalam proses pembuatan akun harus teliti dan detail. 

“Dalam proses bimbingan tersebut kami menyediakan empat tenaga pengajar diantaranya adalah guru bimbingan konseling. Dalam proses bimbingan nanti, salah satu materi yang disampaikan adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik, untuk tidak salah memilih perguruan tinggi negeri dan jurusan,” imbuhnya. (satibi)

 

Related Articles

Back to top button