DaerahEkonomi & BisnisSerang

Tahun Depan, Pemkab Serang Minta Jatah 106 Juta Tabung Gas 3 Kilogram

SERANG, BANTEN RAYA – Pemkab Serang mengusulkan kuota untuk liquified petroleum gas (LPG) sebanyak 32.929 metrik ton (MT) atau setara kurang lebih 106 juta tabung 3 kilogram pada 2021. Usulan tersebut disampaikan kepada Kementerian Enenrgi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Dinas ESDM Provinsi Banten.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang Tohiri mengatakan, usulan kuota LPG 3 kilogram pada tahun depan sama dengan tahun ini. Hal itu disebabkan berdasarkan laporan yang diterima, kuota yang didapat sebanyak 32.929 MT masih mencukupi.

“Usulannya sama dengan tahun ini enggak ada kenaikan. Kalau pasokan cukup untuk LPG 3 kilogram di wilayah Kabupaten Serang,” kata Tohiri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/12/2020).

Untuk harga LPG 3 kilogram di pengecer bervariasi, mulai Rp24.000 per tabung hingga dengan Rp27.000 per tabung. Sementara untuk harga eceran tertinggi (HET) di pangkalan sebesar Rp16.800 per tabung. “Untuk daerah yang jauh dengan pangkalan mungkin harganya agak lumayan mahal,” ujarnya.

Selain mendapat kuota dari kementerian, Tohiri juga mengungkapkan, jika pada tahun ini Pemkab Serang mendapat tambahan kuota LP3 3 kilogram dari Hiswana Migas sebanyak 429.000 tabung untuk mengantisipasi kelangkaan. “Kalau untuk harga di pengecer kita tidak bisa mengontrol,” tuturnya.

Terkait pengguna LPG 3 kilogram yang seharusnya untuk warga miskin namun fakta di lapangan penggunanya tidak terkontrol, ia tak membantahnya. “Mungkin saja PNS atau masyarakat kelas menengah ke atas juga pakai LPG 3 kilogram ini. Yang paling tinggi penggunanya rumah makan,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: