DaerahSerangWisata & Kuliner
Trending

Taman Vila Hijau, Taman Bunga Indah di Serang Timur

SERANG, BANTEN RAYA- Untuk pertama kalinya wilayah Kragilan, Serang, memiliki taman bunga. Bahkan taman bunga yang berlokasi di Kampung Sadang, Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, ini disebut-sebut sebagi taman bunga satu-satunya di Kragilan saat ini. Ya, namanya adalah Taman Vila Hijau.

Berada di tengah-tengah persawahan, Taman Vila Hijau cukup sulit ditemukan. Bantenraya.com pun ketika mengugjungi lokasi harus betanya beberapa kali kepada penduduk bahkan sempat nyasar dua kali. Rute yang kemarin diambil adalah dari Sentul ke arah Sadang.

BACA JUGA: Wisata Alam Lembur Kula, Hadirkan Sensasi Ngopi di Tengah Hutan

Setelah melewati Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Serang 2 akan ada SD Negeri Pematang 2 yang berada di sisi kiri jalan raya. Di sebelah kanannya ada jalan masuk ke sanalah pengunjung harus berbelok. Di ujung jalan, sebelum jalan layang tol Serang-Panimbang ambil jalan kecil ke kanan lalu akan menemukan umbul-umbul Taman Vila Hijau di sebelah kanan jalan. Di situlah Taman Vila Hijau berada.

Sejumlah bunga yang dapat dinikmati pengunjung di taman ini yaitu bunga kertas atau bougenville yang memiljki warna ungu, bunga alamanda (golden trumpet-red) yang memiliki warna kuning, bunga sepatu yang berwarna merah menyala, sinsevieria yang berwarna hijau dengan pinggiran kuning, dan lain-lain.

Taman Vila Hijau
Taman Vila Hijau ditumbuhi bunga-bunga cantik.

Selain bunga, pengunjung juga akan menemukan beberapa patung terbuat dari semen yang umumnya berbentuk hewan seperti harimau atau ikan duyung. Bagi anak-anak, patung-patung ini menjadi mainan yang menarik karena mereka juga bisa menaikinya.

Ada juga sejumlah binatang seperi ayam dan burung yang bisa jadi wahana edukasi bagi anak. Juga kolam renang kecil yang ccok untuk anak-anak. Ayunan dan rumah pohon juga ada sehingga ada lebih banyak pilihan bagi pengunjung yang membawa keluarga.

Untuk tempat istirahat atau ngadem, ada gubuk dan gazebo yang bisa digunakan. Edi, pemilik dan pengelola Taman Vila Hijau, mengatakan, taman bunga ini pertama kali dibuka untuk umum secara resmi pada tahun 2020 lalu. Namun ia tidak ingat persisnya tanggal dan bulan berapa. Hanya saja ia ingat sudah dua bulan puasa Ramadan berlalu sehingga bisa dismpulkan sudah setahun lebih usia taman ini.

Edi menyatakan, taman bunga yang dirintisnya ini secara resmi dia namakan Taman Vila Hijau. Namun di internet ada berapa penamaan yang dibuat oleh warganet (netizen) seperti taman bunga Kragilan, Taman Bunga Silebu Kragilan, Taman Bunga Sadang Kragilan, dan lain-lain.

Taman Vila Hijau
Taman Vila Hijau menyediakan spot foto yang menarik.

Menurut Edi ia tidak tahu menahu soal semua yang terjadi di internet mengenai Taman Vila Hijau termasuk penamaannya. Ia memastikan semua informasi yang ada di internet bukan dibuat olehnya melainkan oleh warganet. Sebab ia megngaku tidak mengerti tentang dunia maya itu. “Jangankan interrnet HP saja jadul, bukan HP Android,” kata Edi..

Edi mengungkapkan, tiket masuk ke taman bunga ini hanya Rp5.000 per orang. Untuk parkir, akan dikenai Rp2.000 untuk sepeda motor.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Catatan penting bagi Anda yang ingin mendatangi taman bunga ini adalah

Anda harus membawa makanan yang akan ada butuhkan, terutama makanan berat. Sebab di lokasi ini kantin tidak menyediakan makanan berat. Sementara untuk membeli makanan atau minuman lokasinya cukup jauh karena lokasi taman bunga ini sendiri sebetulnya berada di tengah-tengah persawahan.  (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp