DaerahSerang
Trending

Tanah Bergerak, Rumah Warga Cikeusal Ini Menggantung

SERANG, BANTEN RAYA – Sejumlah rumah milik warga Kampung Pasir Mangu, Desa Dahu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang terdampak fenomena pergeseran tanah. Bahkan, ada rumah yang sebagian bangunannya menggantung. 

Pantauan Banten Raya, kondisi tersebut terjadi lantaran tanah tempat rumah berpijak telah tergerus tanah yang bergeser. Rumah tampak seperti tak menempel di tanah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, peristiwa pergerakan tanah yang terjadi di Desa Dahu, Kecamatan Cikeusal tersebut disebabkan hujan deras dengan intesitas tinggi. 

“Terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Cikeusal pada Selasa (9/2/2021) pukul 04.00 WIB yang menyebabkan pergeseran tanah di sekitaran Kantor Koramil Cikeusal,” kata Nana. 

Ia mengungkapkan, terdapat empat rumah warga yang terdampak dalam peristiwa pergerakan tanah itu. “Nama pemiliknya Suhemah, Kasdi, Tunggu, dan Jarsiti. Warga sudah bergotong royong menurunkan gentengnya,” ujarnya. 

Saat ini pemilik rumah tinggal di rumah saudaranya karena kondisi rumah mengalami rusak sedang. “Tidak ada korban jiwa. Penyebab pergseran tanah karena memang tidak ada TPT (tembok penahan tanah)-nya juga,” tuturnya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp