DaerahSerang

Terjadi 322 Bencana di Kabupaten Serang Sepanjang 2020, Mayoritas Terjadi di Awal Tahun

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mencatat selama 2020 terjadi 322 bencana dan kedaruratan di wilayah Kabupaten Serang, baik itu bencana banjir, longsor, kebakaran, dan yang lainnya. Dari jumlah 322 itu didominasi oleh bencana alam yang mencapai 242 kejadian.

Informasi yang dihimpun, untuk bencana kebakaran selama 2020 mencapai 57 kejadian, bencana alam 242, dan kedaruratan 23 kejadian. Adapun waktu kejadian bencana paling banyak terjadi pada awal tahun atau pada Februari sampai Maret.

“Untuk laka laut pada 2020 berkurang karena terjadi pandemi Covid-19 dan kunjungan wisatawan ke pantai juga berkurang. Kalau jumlah kejadian bencana seluruhnya 322 kejadian selama 2020,” ujar Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalop) BPBD Kabupaten Serang Jony Efendi Wangga, Senin (4/1/2021).

Ia mengungkapkan, kejadian bencana paling banyak terjadi di Kabupaten Serang yaitu bencana banjir, cuaca ekstrem dan kebakaran. “Untuk bencana lainnya seperti pohon tumbang dan longsor relatif kecil jumlahnya. Kita terus melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar terus mengantisipasi potensi bencana,” katanya.

Jony menuturkan, kesadaran masyarakat terkait kebencanaan perlahan sudah membaik sehingga masyarakat sudah bisa mengantisipasi setiap potensi bencana yang ada di daerahnya. “Kita sering menerima kunjungan dari pihak swasta termasuk dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terkait kepedulian kami dalam menangani kebencanaan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya terus meningkatkan respons time dalam menangani setiap kebencanaan baik itu bencana kebakaran maupun kebencanaan lainnya. “Begitu ada laporan bencana, tim kita langsung turun memberikan penanganan dan melakukan pendataan. Jaringan dan relawan kita banyak di lapangan,” kata Nana. (tanjung/fikri)

 

 

Related Articles

Back to top button