Serang
Trending

Terjadi Pembakaran Al Quran di Cikeusal, Warga Diimbau Tidak Terprovokasi

SERANG, BANTEN RAYA – Terjadi pembakaran Al Quran di Masjid Baiturahman di Kampung Pabuaran, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal. Soerang terduga pelaku bernama Yahya alias Gonzales Yusuf diamankan dalam peristiwa pembakaran itu.

Kepala Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal Iman mengatakan, peristiwa pembakaran Al Quran diketahui pada Rabu (10/3), pukul 06.30 WIB. “Iya benar terjadi pembakaran Al Quran, pihak TNI-Polri sudah turun ke TKP (tempat kejadian perkara),” kata Iman, Rabu (10/3/2021).

Ia mengungkapkan, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh warga bernama Ridwan (45) yang akan memasuki Masjid Baiturahman yang akan ke kamar mandi. Kemudian, dari arah pintu belakang masjid Ridwan melihat ada asap yang berasal dari dalam masjid.

Selanjutnya, Ridwan mengajak saksi bernama Emed untuk masuk ke dalam masjid untuk memastikan sumber asep tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, Ridwan melihat adanya api yang menyala di arah depan sajadah di bagian imam dan melihat bahwa yang terbakar merupakan Al Quran.

“Di tembok samping tempat imam ada tulisan yang berbunyi Joni Go Jil/Jaringan Islam Liberal pengen Viral Membakar Al Quran di Masjid Baiturahman,” ujar Iman.

Setelah melihat adanya Al Quran yang dibakar itu, Ridwan mengumumkan kejadian tersebut melalui pengeras suara masjid dan melaporkan ke Polsek Cikeusal.

“Pihak kepolisian mengamankan diduga pelaku bernama Yahya alias Gonzales Yusuf, warga Kampung Gagaden, Desa Tambiluk, Kecamatan Petir,” ungkapnya.

Yahya diamankan karena diduga sebagai pelaku pembakaran, sebelumnya juga pernah melakukan pembakaran Al Quran, sajadah dan coret-coret tembok di dalam masjid sebanyak 3 kali di Kecamatan Petir. “Pelaku diamankan di Polsek Cikeusal. Pelaku lagi diamankan saat keliling-keliling di jalanan di Petir,” katanya.

Iman mengaku, bersama MUI dan pihak kepolisian mengimbau agar warga tidak terprovokasi dengan adanya kejadian pembakaran Al Quran tersebut. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp