DaerahKesehatanSerang
Trending

Terkonfirmasi Covid-19, Tiga Pegawai RSDP Serang Diisolasi

SERANG, BANTEN RAYA – Tiga petugas kesehatan Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang yang terdiri dari dua orang perawat dan satu orang tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi di RSDP Serang. Tiga orang petugas kesehatan tersebut mengalami gejala ringan. 

Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengatakan, jika ada tiga orang petugas kesehatan yang dirawat di RSDP serang karena terkonfirmasi positif Covid-19, namun diperkirakan dua atau tiga hari kedepan sudah bisa pulang. “Iya ada tiga orang pegawai kita yang dirawat, dua orang perawat dan satu orang tenaga kesehatan,” katanya, Jumat (15/1/2021). 

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSDP Serang sebanyak 44 orang yang terdiri dari 42 orang ditangani di ruang perawatan dan dua orang ditangani di ruang instalasi gawat darurat (IGD) Covid-19. “Kebanyakan yang dirawat berasal dari Kota Serang,” ujar Anam yang juga dokter gigi itu. 

Disoal rencana akan ada penambahan ruangan perawatan bagi pasien Covid-19, Anam membenarkan jika pihak RSDP Serang sedang menyiapkan ruang Flamboyan untuk perawatan pasien Covid-19, namun hal tersebut masih dalam pembahasan. 

“Penambahan ruangan sebagai tindaklanjut dari serat edaran Kemenkes (Kementerian Kesehatan) bahwa rumah sakit harus menambah ruang untuk pasien Covid-19 sampai 40 persen. Kita siapkan tapi moga-moga tidak terpakai karena lonjakan kasus kan terjadi setelah libur panjang,” tuturnya. 

Walau pun berharap tidak terpakai, namun RSDP Serang tetap harus menyiapkan karena sudah menjadi regulasi, sehingga ketika nanti ada visitasi dari pemerintah pusat pihak RSDP tidak disalahkan. “Tapi saat ini kita maksimalkan yang ada saja dulu yaitu, ruang Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” paparnya. 

Terkait dengan kapasitas ruang Flamboyan sendiri, Anam belum bisa memastikan karena ruang Flamboyan terdiri dari tiga lantai. “Flamboyan itu kan ada tiga lantai, kita belum tahu nanti berapa-berapanya yang dipakai dan ruang isolasi kan harus memenuhi syarat tegangan negatif, filternya, dan udaranya harus bagus,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp