DaerahSerang
Trending

Tidak Bisa Tunjukkan Ijazah, Empat Balon Kades di Kabupaten Serang Dicoret

SERANG, BANTEN RAYA – Empat bakal calon (balon) kepala desa (kades) yang maju pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dinyatakan tak memenuhi syarat. Mereka tak lolos seleksi administrasi lantaran tak menyertakan ijazah asli saat mendaftar. 

Empat balon kades itu yakni, Raiman Balon Kades Cinangka, Kecamatan Cinangka, Dadi, Balon Kades Siketug, Kecamatan Ciomas, Mastari. Kemudian Balon Kades Angsana, Kecamatan Mancak dan Saryani Balon Kades Kamurang, Kecamatan Cikande. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi (rakor) menyikapi adanya keberatan terutama dari balon yang menyertakan kelulusan pendidikan hanya dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). 

“Diaturan kita bahwa bakal calon itu harus membuktikan kelulusan pendidikan dalam bentuk ijazah,” kata Entus usai Rakor di ruang rapat KH Syam’un, Pemkab Serang, Kamis (20/5/2021). 

Dengan demikian, lanjut Entus, forum rapat memutuskan mereka yang hanya menyertakan surat keterangan dari PKBM tidak dianggap sebagi kelulusan sebagaimana diamanatkan oleh peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup).

“Maka rapat memutuskan yang bersangkutan tidak diterima sebagai bakal calon kepala desa. Ada empat bakal calon di empat desa di empat kecamatan,” ujarnya.

BACA JUGA: Busyet! Modal Jadi Kades di Kabupaten Serang Bisa Habiskan Ratusan Juta Hingga Miliaran 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, pihaknya akan segera membuat surat edaran yang akan diserahkan kepada empat desa tersebut sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi. 

“Ada satu desa yaitu Desa Siketug, Kecamatan Ciomas yang dilakukan perpanjangan pendaftaran karena bakal calon yang satunya tidak lulus administrasi,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button