DaerahSerang
Trending

Uang BST Jangan Diberikan ke Suami

SERANG, BANTEN RAYA – Kementerian Sosial (Kemensos) memperpanjang pemberian bantuan sosial tunai (BST) kepada warga yang terdampak penyebaran Covid-19 sampai dengan April tahun ini. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang mengingatkan kepada penerima agar uang BST yang diterima tidak digunakan untuk membeli rokok.

Sekretaris Dinsos Kabupaten Serang Sri Rahayu Basuki mengatakan, BST sebesar Rp300.000 yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) diperpanjang hingga April 2021. “Untuk jumlah sasaran karena kita belum fix di 2021 ini bisa kurang bisa lebih,” kata wanita yang akrab disapa Yayu saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/1/2021).

Namun untuk data pada awal Desember tahun lalu, jumlah penerima BST setelah dilakukan perbaikan mencapai 140.744 orang. “Jumlah itu bisa bertambah bisa juga berkurang karena biasanya dari Kemensos memberikan langsung ke PT Pos Indonesia, jadi kita komunikasinya dengan PT Pos Indonesia. Kebetulan dari PT Posnya juga belum menerima datanya,” ujarnya.

Penyaluran BST sendiri sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Banten Wahidin Halim biasanya dilakukan pada pekan ketiga setiap bulannya setelah data dan yang lainnya sudah siap semua.

“Data yang kita terima kan dari desa dan sudah ada beberapa kali perbaikan. Memang datanya belum sempurna karena yang terdampak Covid-19 ini kan masih terus bertambah,” tuturnya.

Yayu mengingatkan, masyarakat yang menerima BST dapat menggunakan bantuan tersebut untuk pembelian kebutuhan pokok dan bukan untuk yang lainnya. “BST itu buat beli bahan pokok. Jadi kalau yang menerima bantuannya ibu-ibu, uangnya jangan dikasihkan ke suaminya khawatir dipakai buat beli rokok,” katanya.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan petugas tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) untuk mengingatkan para penerima BST agar bantuan yang diterima dipakai untuk beli dirokok. “Kami sudah mewanti-wanti kepada penerima BST itu dilarang untuk beli rokok. Harapan kami masyarakat bisa mengerti dengan tujuan pemberian BST itu,” ujarnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: