Serang
Trending

Vaksinasi Berjalan Satu Bulan, Pasien Covid-19 di RSDP Serang Masih Tinggi

SERANG, BANTEN RAYA – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang jumlahnya naik turun.

Namun dalam beberapa minggu terakhir rata-rata pasien Covid-19 yang dirawat di atas 30 orang.

Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengatakan, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSDP Serang di atas 40 orang. “Pasien dirawat masih banyak. Ruangan masih ada yang kosong karena kemarin-kemarin ada penambahan ruangan,” ujar Anam, Jumat (12/3).

Ia mengungkapkan, dalam beberapa minggu terakhir atau sejak adanya penambahan ruang Flamboyan jumlah pasien yang dirawat tidak pernah kurang dari 30 orang. “Kemarin (11/3) 39 orang, hari ini (kemarin-red) ada yang masuk lagi. Jadi naik turun jumlahnya,” katanya.

Anam menuturkan, saat ini kebanyakan pasien Covid-19 yang datang ke RSDP Serang telah melakukan pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) secara mandiri di klinik-klinik dan yang mengikuti kegiatan pemeriksaan swab PCR secara masal.

“Setelah datang ke RS kita periksa, kalau memang butuh perawatan kita diinapkan, kalau enggak perlu perawatan disarankan untuk isoman (isolasi mandiri) di rumah. Rata-rata yang dirawat ada keluhan,” ungkapnya.

Adapun rata-rata usia pasien Covid-19 yang dirawat di RSDP Serang 40 sampai 50 tahun dan saat ini didominasi oleh warga Kota Serang. “Untuk APD (alat pelindung diri) dan peralatan kesehatan lainnya untuk perawatan masih cukup,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang Ajat Sudrajat mengatakan, pihaknya terus menggerakkan anggotanya untuk melakukan sosialisasi ke desa-desa dan kecamatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sosialisasi terus jalan, kita terus mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, sekarang-sekarang ini kita mengajak masyarakat agar mau divaksin jika nanti vaksin sudah bisa diberikan kepada mereka,” katanya. (tanjung)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp